Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

25 Soal PAS Informatika Kelas 12 Semester 1 Kurikulum Merdeka dan Kunci Jawaban SAS UAS

Inilah contoh soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Informatika Kelas 12 SMA semester 1 Kurikulum Merdeka dan kunci jawaban.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Siti Nurjannah Wulandari
zoom-in 25 Soal PAS Informatika Kelas 12 Semester 1 Kurikulum Merdeka dan Kunci Jawaban SAS UAS
kemdikbud.go.id
25 Soal PAS Informatika Kelas 12 Semester 1 Kurikulum Merdeka, Beserta Kunci Jawabannya. Inilah contoh soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Informatika Kelas 12 SMA semester 1 Kurikulum Merdeka dan kunci jawaban. 

TRIBUNNEWS.COM - Inilah contoh soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Informatika Kelas 12 SMA semester 1 Kurikulum Merdeka dan kunci jawaban.

Soal PAS Informatika Kelas 12 Semester 1 Kurikulum Merdeka ditujukan kepada orang tua atau wali untuk memandu proses belajar sang anak sebelum menghadapi Asesmen Sumatif Akhir Semester (ASAS), Ujian Akhir Semester (UAS) atau Sumatif Akhir Semester (SAS).

Pastikan siswa selesai terlebih dahulu menjawab contoh soal PASInformatika Kelas 12 Semester 1 Kurikulum Merdeka, sebelum melihat kunci jawaban untuk mengoreksi hasil belajar.

Selengkapnya, simak contoh soal PAS Informatika Kelas 12 Semester 1 Kurikulum Merdeka dan kunci jawaban:

Soal PAS Informatika Kelas 12 Semester 1 Kurikulum Merdeka dan Kunci Jawaban

1. Berikut merupakan kotak dialog new yang harus diisi pada aplikasi Adobe Photoshop adalah….

A. Preset Size

B. Toolbox

Berita Rekomendasi

C. Marquee Tool

D. Menu Bar

E. Mode Bitmap

Jawab : A

2. Program grafis berorientasi pada pengolahan gambar digital, misalnya foto, disebut….

A. CorelDraw

B. Paint

C. Adobe Photoshop

D. Inkscape

E. Powerpoint

Jawab : D

3. Di bawah ini yang merupakan komponen Desain Grafis, kecuali...

A. Garis (line)

B. Bentuk/bidang (shape)

C. Tekstur

D. Ruang/jarak (space)

E. Topografi

Jawab : E

4. Salah satu bagian yang terpenting dalam Photoshop yang sangat membantu dalam pengolahan gambar adalah….

A. Layer

B. Save as

C. Screen Mode

D. Channel

E. History

Jawab : A

5. Program aplikasi desain grafis untuk membuka dan mengolah gambar vector adalah….

A. CorelDraw

B. Ms. Word

C. Adobe Photoshop

D. Inkscape

E. Ms. Excel

Jawab : A

6. Yang bukan bidang desain grafis adalah...

A. Percetakan

B. Film dan musik

C. Penerbit buku

D. Fotografi

E. Pembuat logo

Jawaban: B

7. Berikut ini adalah submenu yang terdapat pada layout, kecuali…

A. Insert page

B. Delete page

C. Go to page

D. Page background

E. Transform

Jawab : E

8. Fungsi ruler adalah…

A. Membantu meletakkan objek gambar pada suatu lokasi dengan akurasi yang tinggi

B. Menambah lembar kerja

C. Memilih objek gambar

D. Menghapus objek gambar

E. Memutar objek dengan akurasi yang tinggi

Jawab : A

9. Roughen Brush berfungsi untuk

A. Mengedit objek

B. Menghapus objek

C. Memotong objek

D. Mencacah objek

E. Menyimpangkan objek

Jawab : A

10. Titik-titik penyusun image bitmap dikenal dengan istilah...

A. Vector

B. Jpeg

C. Gif

D. Tiff

E. Pixel

Jawab : E

11. Desain yang mempromosikan suatu produk atau jasa disebut...

A. Brosur

B. Logo

C. Kartu nama

D. ID card

E. Backdrop

Jawab : A

12. Di bawah ini adalah nama-nama program yang digunakan untuk desain grafis, kecuali...

A. Photoshop

B. Coreldraw

C. Freecell

D. Paint

E. Freehand

Jawab : C

13. Ciri utama dari grafis berbasis vektor adalah….

A. Tidak resolutin dependent

B. Resolution dependent

C. Bertumpu pada pixel

D. Bertumpu pada dot

E. Pecah jika diperbesar

Jawab : B

14. Tombol pada toolbox CorelDraw yang digunakan untuk membuat garis lurus atau kurva adalah….

A. Freehand tool

B. Artistic Media tool

C. Interactive Connector tool

D. Rectangle tool

E. Dimension tool

Jawab : A

15. Dua model warna paling umum adalah...

A. RBG dan MCYK

B. BRG dan CMYK

C. CMYK dan RBG

D. CMYK dan GBR

E. CMYK dan BGR

Jawab : C

16. Salah satu perangkat lunak yang digunakan untuk editor atau manipulasi foto adalah...

A. Adobe premiere

B. Adobe flash

C. Adobe photoshop

D. Adobe illustrator

E. Adobe image ready

Jawab : C

17. Program yang bertindak sebagai perantara antara user dengan komputer hardware adalah...

A. BIOS

B. Operating system

C. Ms. office

D. Utility program

E. Web browser

Jawab : B

18. Yang tidak termasuk dalam aplikasi Microsoft Office adalah...

A. Power point

B. Access

C. Clip board

D. Excel

E. Word

Jawab : C

19. Berikut merupakan kotak dialog new yang harus diisi pada aplikasi Adobe Photoshop adalah….

A. Preset

B. Toolbox

C. Marquee Tool

D. Menu Bar

E. Mode Bitmap

Jawab : A

20. Untuk memberikan warna pada objek dapat dilakukan dengan cepat yaitu….

A. Pada color Pallets klik kanan untuk garis luar objek dan klik kiri untuk untuk isi objek

B. Pada color palette klik kanan untuk isi objek dan klik kiri untuk garis luar objek

C. Pada toolbox aktifkan flyout fill tool

D. Pada toolbox aktifkan flyout pattern fill

E. Pada toolbox aktifkan flyout crop tool

Jawab : A

Baca juga: 20 Soal PAS SBdP Kelas 3 Semester 1 Kurikulum 2013 dan Kunci Jawaban

21. Pemilihan warna sangat penting dalam menghasilkan karya yang berkualitas karena harus mengetahui apa yang ingin dilakukan dan warna apa yang cocok sesuai tujuan. warna yang cocok untuk menimbulkan kesan semangat dan kerja keras adalah...

A. Hijau

B. Kuning

C. Merah muda

D. Merah

E. Biru

Jawab : D

22. Tools yang berfungsi untuk memotong secara persegi dan sejajar adalah...

A. Quick selection

B. Magic wand tool

C. Crop tool

D. Lasso tool

E. Pick tool

Jawab : C

23. Di bawah ini software pengolah gambar raster/digital imaging adalah…

A. CorelDraw

B. Paintbrush

C. Adobe Photoshop

D. Adobe After EffecT

E. Adobe Flash

Jawab : A

24. Perintah yang dapat dilkaukan untuk membuat salinan objek agar posisi penempatannya tepat secara mateamtis adalah….

A. Arrange -> Transformation -> Position

B. Arrange -> Transformation -> Convert to Curve

C. Arrange -> Transformation -> Save as

D. Arrange -> Transformation -> Skew

E. Arrange -> Transformation -> Save

Jawab : A

25. Image yang terbentuk dari rajutan atau sebarang sejumlah pixel atau titik adalah…

A. Object

B. Gambar

C. Grafik vektor

D. Bitmap

E. Palette

Jawab : D

Disclaimer:

  • Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.
  • Sebelum melihat kunci jawaban, siswa harus terlebih dahulu menjawabnya sendiri, setelah itu gunakan artikel ini untuk mengoreksi hasil pekerjaan siswa.

(Tribunnews.com, Andari Wulan Nugrahani)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
Berita Populer
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas