Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

PAG Tawarkan Banyak Bisnis Turunan dari LNG Hub & Regasifikasi di LNG Forum 2019

Komunitas Gas Indonesia (KGI) mengajak President Director PAG, Arif Widodo untuk dapat berpartisipasi menjaid pembicara di forum tersebut.

PAG Tawarkan Banyak Bisnis Turunan dari LNG Hub & Regasifikasi di LNG Forum 2019
dok. Pertamina
Acara diselenggarakan di Ruang Cordoba, Menara 165 (30/05). Forum yang berlangsung selama 1 hari ini diikuti oleh pemerintah, investor, pengamat, Perusahaan Energi, Pertamina Group serta Pakar Profesional Migas. 

Perta Arun Gas ikut berpartisipasi dalam LNG Forum 2019. Kali ini, Komunitas Gas Indonesia ( KGI) mengajak President Director PAG, Arif Widodo untuk dapat berpartisipasi menjaid pembicara di forum tersebut.

Acara diselenggarakan di Ruang Cordoba, Menara 165 (30/05). Forum yang berlangsung selama 1 hari ini diikuti oleh pemerintah, investor, pengamat, Perusahaan Energi, Pertamina Group serta Pakar Profesional Migas.

Turut Serta Hadir menjadi pembicara Perwakilan SKK Migas, President Director PT Pertamina Gas, Serta Perwakilan PT PLN ( Persero) didampingi oleh Ketua KMI selaku Moderator.

LNG Forum 2019 ini mengangkat tema "Prospek dan Perkembangan LNG Retail dan Infrastruktur Penunjang bagi Pasar Domestik, dimana Pemanfaatan LNG akan menjadi prospek yang sangat baik kedepannya. Salah satu main issue yang dibahas pada forum ini adalah Pemanfaatan LNG untuk kebutuhan Kelistrikan yang mampu memberikan efisiensi terhadap negara lebih besar dibandingkan dengan solar.

Namun, hal ini berbanding terbalik dengan Infrastruktur Penujangan yang masih menjadi tantangan pada sektor bisnis tersebut. Untuk itu, sangat diperlukannya optimalisasi Infrastruktur Penunjang.

Arif Widodo, selaku President Director PAG menjadi pembicara dalam session "Kesiapan Perta Arun Gas sebagai Pusat Logistik Berikat dalam Menunjang Pasokan LNG untuk Pasar domestik.

Hal ini berhubungan dengan PAG yang dipercayakan Menteri Keuangan, Sri Mulyani, melalui surat Keputusan Menteri Keuangan No. 1693/KM.4/2016 tanggal 7 September 2016 dan diaddendum melalui surat Keputusan Menteri Keuangan No. 01/KM.4/WBC.01/2019 memberikan izin PLB dan izin pengusaha PLB kepada PT Perta Arun Gas.

Arif Menjelaskan, Salah satu bisnis yang dijalankan di PLB PAG adalah bisnis LNG Hub. Untuk menjalankan bisnis tersebut, Perta Arun Gas telah sepakat melakukan kerja sama dengan PPT Energy Trading Singapore Pte. Ltd. dengan melakukan Penandatanganan Head of Agreement (HoA) Terminal Use tanggal 06 Februari 2019.

"PAG berperan sebagai terminal owner LNG storage dan receiving terminal sedangkan PPT Energy Trading Singapore berperan sebagai capacity holders. Kesepakatan ini menjadi salah satu momen penting PLB beroperasi efektif" Jelas Arif.

“Forum ini bagus sekali untuk semua kalangan stakeholders, dari Pemerintah, Pertamina Group serta kalangan Investor. Dengan adanya forum ini kita akan mendapatkan ide-ide, mendapatkan informasi terkait dengan apa saja yang dapat menunjang pasokan LNG untuk kebutuhan Pasar Domestik." tukas Arif.

Arif juga menambahkan bahwa Inilah waktu yang tepat untuk berbagi informasi mengenai pengembangan Pasokan LNG untuk Kelistrikan dan Pasar Domestik Indonesia.

Selain memaparkan terkait dengan PLB dan Bisnis Baru PAG di sektor LNG Hub, Arif juga memaparkan beberapa Bisnis yang sedang dijalankan oleh PAG seperti Penyediaan Utilities, O& M LNG Filling Station Pertagas & PTGN, O& M Condensate & Sulfur Medco.

Arif juga memaparkan Potensi Bisnis yang akan dikembangkan oleh PAG, seperti O& M LPG Transhipment, Small LNG Ship and Bunkering, Gassing Up Cooling Down, serta LNG Filling Station Hotel, Restaurant & Catering ( Horeka).

Selain itu, salah satu main business PAG ada di sektor regasifikasi dimana PAG ikut menunjangan pasokan LNG untuk kebutuhan kelistrikan. Pasokan LNG dari PLN ini akan di regasifikasi yang selanjutnya disalurkan untuk Kebutuhan Listrik di wilayah Aceh dan Sumatera Bagian Utara.(*)

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Content Writer
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas