Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Pesta Bola

Timnas Jerman

Manuel Neuer Masuk Skuat Timnas Jerman Karena Memuaskan Joachim Loew

zoom-in Manuel Neuer Masuk Skuat Timnas Jerman Karena Memuaskan Joachim Loew
espn
Manuel Neuer 

TRIBUNNEWS.COM, MUENCHEN - Keputusan Joachim Loew, pelatih tim nasional Jerman, memasukkan Manuel Neuer ke skuat Piala Dunia 2018 menuai perdebatan. Apalagi Neuer tetap menjadi kapten dan penjaga gawang pilihan pertama.

Bagaimana tidak, sepanjang musim 2017/18 Neuer absen merumput karena cedera parah. Neuer tidak bermain sejak September 2017, selama sembilan bulan.

Di sisi lain, Marc-Andre ter Stegen tampil impresif bersama Barcelona dan selama Neuer absen membela tim nasional.

Namun demikian, Manuel Neuer pulih di waktu yang tepat. Dia kembali bugar jelang Piala Dunia 2018 bergulir. Neuer kembali beraksi di lapangan hijau saat pertandingan uji coba melawan tim nasional Austria, Minggu (3/6) lalu.

Meski gawangnya kebobolan dua kali, performa Neuer memuaskan Loew.

"Kalian tidak bisa bilang dia absen begitu lama. Penampilan kembalinya sungguh bagus. Dia bermain sangat baik dan membuat dua sampai tiga penyelamatan brilian. Sangat memuaskan," ujar Loew dikutip Bundesliga.com.

Apa yang Loew lakukan, menunjuk Neuer sebagai penjaga gawang pertama, tentu membahagiakan Neuer. Namun demikian, di sisi lain keputusan ini membuat kecewa Marc-Andre ter Stegen. Dia jadi lengser sebagai deputi pertama Neuer.

"Saya akan berusaha membantu Manuel. Ketika Anda bermain penuh di sepanjang musim dan selalu menjaga level permainan tertinggi, tentu ini situasi yang mengecewakan," ungkap ter Stegen dikutip oleh Marca.

Manuel Neuer memang hanya bermain selama 360 menit untuk Bayern Muenchen pada musim lalu. Namun demikian, berjudi pada Neuer bukan kesalahan.

Pria 32 tahun itu termasuk penjaga gawang terbaik di dunia. Dia penjaga gawang terbaik di generasinya. Hampir selama sedekade Neuer tetap jadi pilihan nomor satu di bawah mistar gawang Die Mannschaft. Penjaga gawang sekelas Marc-Andre ter Stegen saja belum bisa menggeser Neuer.

"Seorang pemain yang bugar memiliki periode baik dan buruk dalam semusim dan Anda juga mengalami itu selama masa pemulihan. Sungguh masa yang panjang dan berat, namun baik. Saya banyak merasakan kebahagiaan bersama para pelatih, fisioterapis, dan saya selalu sangat positif, dan saya tahu saya bisa dan akan melakukannya," tutur Neuer soal masa-masa pemulihannya.

Berpikir positif adalah kekuatan Neuer menjalani masa pemulihan. Menurut mantan pemain Schalke 04 itu dia tidak akan bisa ada di Die Mannschaft jika tidak berpikir positif. Neuer mengaku juga mendapat banyak umpan balik yang sangat positif dari rekan-rekan setimnya.

"Mereka bilang mereka tidak bisa melihat saya absen panjang baru-baru ini. Itu penting bagi saya. Saya yakin bisa memikul beban di sepanjang turnamen," kata Neuer yang juga kapten Bayern Muenchen.

Piala Dunia 2018 tentu akan kurang kompetitif tanpa kehadiran Manuel Neuer. Hal ini bahkan diakui oleh lawan. Antoine Griezmann, penyerang tim nasional Prancis, bahkan menyebut Neuer sangat penting untuk tim nasional Jerman.

"Dia tampil luar biasa saat Piala Dunia 2014 dan jadi pemain kunci Jerman. Dia juga seorang pemimpin dan sangat penting untuk tim mereka," ujar Griezmann kepada Spox.

Antoine Griezmann dan Manuel Neuer pernah dua kali berhadapan langsung di turnamen internasional besar. Di level klub mereka empat kali berduel pada ajang Liga Champions. Pada Piala Dunia 2018 tim nasional Jerman dan Prancis tidak bisa bertemu sampai babak semi-final. (Tribunnews/deo)

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas