Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Pesta Bola

Piala Dunia 2018

Samai Kemenangan di Piala Dunia 1970, Romelu Lukaku dkk Dihantui Kenangan Buruk

zoom-in Samai Kemenangan di Piala Dunia 1970, Romelu Lukaku dkk Dihantui Kenangan Buruk
Twitter @FIFAWorldCup
Pemain Timnas Belgia merayakan gol Romelu Lukaku (kiri) ke gawang Timnas Panama dalam laga babak penyisihan Grup G Piala Dunia 2018 di Stadion Olimpiade Fisht, Sochi, Rusia, Senin (18/6/2018) malam WIB. 

TRIBUNNEWS.COM - Timnas Belgia memetik kemenangan 3-0 atas Panama dalam partai pertama mereka pada laga Grup G Piala Dunia 2018 di Stadion Olimpiyskiy Fisht, Sochi, Rusia, pada Senin (18/6/2018) malam WIB.

Tiga gol Timnas Belgia dilesakkan oleh Dries Mertens (menit ke-47) dan brace alias dua gol dari Romelu Lukaku (69', 75').

Menurut data Opta yang dikutip BolaSport.com, keunggulan 3-0 atas Panama menelurkan kembali rekor kemenangan terbesar Belgia sepanjang partisipasi di Piala Dunia.

Baca: Torehkan 5 Gol di Ajang Piala Dunia dan Piala Eropa, Romelu Lukaku Samai Legenda Belgia Marc Wilmots

Pemain Timnas Belgia, Dries Mertens (kiri) melakukan tendangan voli yang berbuah gol ke gawang Timnas Panama dalam laga babak penyisihan Grup G Piala Dunia 2018 di Stadion Olimpiade Fisht, Sochi, Rusia, Senin (18/6/2018) malam WIB.
Pemain Timnas Belgia, Dries Mertens (kiri) melakukan tendangan voli yang berbuah gol ke gawang Timnas Panama dalam laga babak penyisihan Grup G Piala Dunia 2018 di Stadion Olimpiade Fisht, Sochi, Rusia, Senin (18/6/2018) malam WIB. (Twitter @FIFAWorldCup)

Hasil ini setara dengan output yang sama diperoleh Timnas Belgia atas El Salvador pada Piala Dunia 1970 di Meksiko.

Kala itu, Belgia juga menang 3-0 atas El Salvador disertai berbagai kemiripan yang menautkan dua rekor tersebut.

Kesamaan pertama adalah munculnya pengukir brace dalam kedua laga tadi, yakni Romelu Lukaku ke gawang Panama dan Wilfried van Moer ke gawang El Salvador.

Satu gol sisa Belgia selain torehan Wilfried van Moer berasal dari bunuh diri pemain El Salvador, Raoul Lambert.

Kemiripan kedua ialah kemenangan terbesar ini diraih Belgia atas tim debutan Piala Dunia yang sama-sama berasal dari Zona CONCACAF (Amerika Utara, Tengah, dan Kepulauan Karibia).

Baca: Tunisia vs Inggris: Gol Sundulan Harry Kane di Injury Time Menangkan The Three Lions

Pemain Timnas Belgia, Romelu Lukaku merayakan golnya ke gawang Timnas Panama dalam laga babak penyisihan Grup G Piala Dunia 2018 di Stadion Olimpiade Fisht, Sochi, Rusia, Senin (18/6/2018) malam WIB.
Pemain Timnas Belgia, Romelu Lukaku merayakan golnya ke gawang Timnas Panama dalam laga babak penyisihan Grup G Piala Dunia 2018 di Stadion Olimpiade Fisht, Sochi, Rusia, Senin (18/6/2018) malam WIB. (Twitter @FIFAWorldCup)

Skuat Belgia asuhan Roberto Martinez sepertinya berharap kesamaan yang ketiga tidak terjadi tahun ini.

Pada Piala Dunia 1970, meski mengawali kejuaraan dengan kemenangan telak 3-0, Belgia harus terdepak lebih dini di fase grup.

Mereka menelan dua kekalahan beruntun di laga-laga berikutnya dari Uni Soviet (1-4) dan Meksiko (0-1) sehingga cuma finis pada peringkat ketiga.

Fakta kenangan buruk 48 tahun silam ini dapat dijadikan pelajaran bahwa Romelu Lukaku dan kawan-kawan dilarang sombong setelah membukukan rekor kembali di Piala Dunia 2018.

Belgia masih harus melakoni dua partai lagi kontra Tunisia (23/6/2018) dan Inggris (28/6/2018) sebelum dipastikan lolos atau gagal melaju ke tahap gugur. (*)

Berita ini sudah tayang di BolaSport.com dengan judul: Ukir Rekor Kemenangan Terbesar di Piala Dunia, Belgia Dihantui Kenangan Buruk

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas