Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Pesta Bola

Piala Dunia 2018

Menang 2-0, Korea Selatan Buat Jerman Tidak Lolos Ke Babak 16 Besar

zoom-in Menang 2-0, Korea Selatan Buat Jerman Tidak Lolos Ke Babak 16 Besar
espn.com
Jerman juru kunci grup 

TRIBUNNEWS.COM, MOSKOW - Juara bertahan Piala Dunia 2014, Jerman harus menerima kenyataan pahit di Piala Dunia 2018, lantaran tersingkir dari fase grup F setelah dikalahkan Korea Selatan 2-0 di Stadion Kazan Arena, Rusia, Rabu (27/6/2018).

Meski menang, Korea Selatan juga lolos ke babak 16 besar karena pada partai lainnya, Swedia berhasil menaklukkan Meksiko dengan skor 3-0.

Swedia pun menjadi jawara grup F dengan mengoleksi enam poin, diikuti Meksiko diperingkat kedua dengan raihan yang sama.

Sementara Korea Selatan finis diperingkat ketiga dengan tiga poin, dan Jerman di klasemen paling akhir dari raihan poin yang sama dengan Korea.

Jalannya pertandingan. Tampil dengan materi utama sejak awal laga, Jerman terlihat kesulitan mencetak gol ke gawang Korea Selatan.

Hal ini terlihat jelas di babak pertama. Anak asuh Joachim Low itu berhasil mendominasi pertandingan dengan penguasaan bola 76 persen berbanding 24 persen.

Tak hanya itu, dari segi peluang, Jerman juga terlihat lebih unggul dengan delapan kali mendapat kesempatan sedangkan Korea Selatan hanya lima kali.

Kedua tim yang menginginkan kemenangan pada laga ini langsung tampil dengan tensi tinggi. Bahkan, baru menit ke-9, pemain Korea Selatan, Jung Wo-Young diganjar kartu kuning setelah melanggar Hector yang tengah menyerang dari sisi kanan Korea Selatan.

Tak berselang lama, Marco Reus hampir saja membuka keunggulan, namun sayang, sepakan bola kerasnya bergulir tipis di sebelah kanan gawang kiper Korea Selatan, H.W Cho.

Usai itu, Jerman pun terus menciptakan peluang. Namun, hingga wasit Amerika Serikat, Mark Geiger meniup peluit tanda pertadingan berakhir, kedua tim masih belum mencetak gol.

Usai turun minum, Jerman kembali turun ke lapangan dengan semangat menggebu. Bahkan di babak kedua ini, Jerman mencatat 20 kali percobaan ke gawang Korea Selatan.

Namun, penampilan apik H.W Cho. di bawah mistar gawang Korea Selatan membuat Neuer dkk. terlihat kesulitan mencetak gol.

Drama pun terjadi di laga ini saat memasuki menit tambahan tepatnya 90+2. Di menit ini, Kim Young Gwon yang lepas dari offside, mampu mencetak gol dengan mudah.

Sebelumnya, gol itu dinyatakan offside oleh hakim garis, namun wasit Mark Geiger mengambil kesempatan VAR, hasilnya Mark Geiger pun mengesahkan gol tersebut.

Melihat sedikitnya waktu yang tersisa, Jerman pun langsung melancarkan serangan penuh, bahkan kiper Neuer pun turun maju.

Namun sayang, usaha itu malah menjadi petaka, Neuer yang salah mengantisipasi bola di area depan justru mampu dimanfaatkan pemain Korea yang langsung mengoper ke depan dan dikejar oleh Son Heung-Min. Tak ada penjagaan, Son Heung-Min pun sangat mudah menceploksan bola dan mengubah skor menjadi 2-0.

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas