Superskor

Timnas Indonesia

Jordy Amat Siap Bela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 Setelah Perpindahan Federasi Rampung

Hanya berselang satu hari setelah Sandy Walsh, FIFA secara cepat langsung memuluskan langkah naturalisasi Jordi Amat.

Penulis: deivor ismanto
Editor: Drajat Sugiri
zoom-in Jordy Amat Siap Bela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 Setelah Perpindahan Federasi Rampung
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Pesepakbola Jordi Amat mencium Bendera Merah Putih usai pengambilan sumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham di Jakarta, Kamis (17/11/2022). Jordi Amat dan Sandy Walsh resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) usai diambil sumpahnya sesuai surat Keputusan Presiden (Keppres) terkait persetujuan naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM - Jordi Amat resmi susul Sandy Walsh yang sudah merampungkan proses naturalisasi seutuhnya dan siap untuk bermain di Piala AFF 2022.

FIFA resmi menerima perpindahan federasi pemain naturalisasi Jordi Amat pada hari ini, Rabu (30/11/2022).

Ya, hanya berselang satu hari setelah Sandy Walsh, FIFA gerak cepat langsung memuluskan langkah naturalisasi Jordi Amat.

Baca juga: Jadwal Piala AFF 2022 Timnas Indonesia, Sandy Walsh Perkuat Skuad Shin Tae-yong

Pesepakbola Jordi Amat (kiri) dan Sandy Walsh (kanan) usai pengambilan sumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham di Jakarta, Kamis (17/11/2022). Jordi Amat dan Sandy Walsh resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) usai diambil sumpahnya sesuai surat Keputusan Presiden (Keppres) terkait persetujuan naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Pesepakbola Jordi Amat (kiri) dan Sandy Walsh (kanan) usai pengambilan sumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham di Jakarta, Kamis (17/11/2022). Jordi Amat dan Sandy Walsh resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) usai diambil sumpahnya sesuai surat Keputusan Presiden (Keppres) terkait persetujuan naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

FIFA sebagai bapak federasi sepakbola dunia, menyetujui kepindahan federasi Jordi Amat yang sebelumnya adalah Real Federacion Espanola de Futbol (RFEF).

PSSI mendapat surat dari FIFA yang berisikan nomor Ref FPSD-8300 dan ditandatangani oleh Erika Montemor Ferreira selaku FIFA Head of Player's Status.

Sang pemain, Jordi Amat pun mengaku senang dengan kabar yang ia dapat.

Kini, ia dapat membela Timnas Indonesia secepat mungkin, Piala AFF 2022 bakal menjadi panggung pertama eks pemain Espanyol itu bersama skuad Garuda.

‘’Saya senang dan lega dengan pemberitahuan ini. Kini saya akan fokus membela negara saya (Indonesia),’’ kata Jordi dilansir laman resmi PSSI pada Rabu, (30/11).

Tak hanya Jordi yang merasakan senang, namun juga ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan, begitu bersyukur dengan rampungnya dokumen naturalisasi pemain yang berposisi sebagai stopper itu.

Baca juga: PSSI Sebut Stadion Gelora Bung Karno Jadi Kandang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

Jordi Amat resmi menjalani debutnya bersama klub asal Malaysia, Johor Darul Ta'zim (JDT)
Jordi Amat resmi menjalani debutnya bersama klub asal Malaysia, Johor Darul Ta'zim (JDT) (Tangkap Layar Situs Resmi JDT johorsoutherntigers.my)

‘’Terima kasih kepada Bapak Presiden Joko Widodo atas perhatiannya kepada sepak bola Tanah Air," ujar Iriawan.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule ini juga tak lupa mengucapkan terima kasihnya kepada Zainudin Amali selaku Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, maupun seluruh pihak yang membantu memuluskan proses naturalisasi Sandy Walsh dan Jordy Amat.

"Terima kasih kepada Bapak Zainudin Amali (Menpora) yang tidak henti-hentinya memberikan bantuan dan dukungan."

"Terima kasih juga kepada Bapak Pratikno (Mensesneg), Bapak Yasonna Laoly (Menkumham), Ditjen Imigrasi, dan semua pihak yang membantu kelancaran naturalisasi Sandy dan Jordi,’’ ujar Iriawan.

Berikut jadwal Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

Jumat, 23 Desember 2022

Pukul 19.30 WIB - Timnas Indonesia vs Kamboja

Kamis, 29 Desember 2022

Pukul 19.30 WIB - Timnas Indonesia vs Thailand

Senin, 2 Januari 2023

Pukul 19.30 WIB - Filipina vs Timnas Indonesia

(Tribunnews.com/Deivor)

Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
1
Arsenal
20
16
2
2
45
11
28
50
2
Manchester City
21
14
3
4
53
14
32
45
3
Manchester United
22
13
4
5
36
20
8
43
4
Newcastle
21
10
10
1
34
11
22
40
5
Tottenham
22
12
3
7
41
21
10
39
© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas