Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

KPU Sebut Dua dari Tiga Cakada yang Meninggal Akibat Covid-19 Sudah Miliki Pengganti 

Tiga calon kepala daerah (cakada) pada Pilkada Serentak 2020 diketahui meninggal dunia akibat Covid-19 beberapa waktu lalu.

KPU Sebut Dua dari Tiga Cakada yang Meninggal Akibat Covid-19 Sudah Miliki Pengganti 
Ist
Pelaksana harian Ketua KPU Ilham Saputra   

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tiga calon kepala daerah (cakada) pada Pilkada Serentak 2020 diketahui meninggal dunia akibat Covid-19 beberapa waktu lalu. Terkini, dua dari tiga cakada tersebut sudah memiliki pengganti. 

Hal ini dikemukakan Pelaksana Harian Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra dalam webinar 'Meninjau Kesiapan Pilkada di Tengah Pandemi'. 

Ilham menyebutkan kembali tiga wilayah tempat dimana para cakada yang telah meninggal berkontestasi. 

"Jadi yang meninggal dunia karena Covid-19 itu ada tiga, Berau (Kalimantan Timur), Bontang (Kalimantan Timur), dan Kabupaten Bangka Tengah," ujar Ilham, Jumat (23/10/2020).

Namun, Ilham menegaskan bahwa tiga cakada yang meninggal akibat Covid-19 ini bukanlah karena kegiatan pilkada. Melainkan sudah sakit terlebih dahulu sebelum melakukan pendaftaran di KPU sebagai kandidat. 

"Tetapi sekali lagi perlu saya sampaikan ini (meninggal, - red) bukan karena kegiatan pilkada, tetapi mereka sudah sakit ketika mendaftar dan meninggal dunia," kata dia.

Baca juga: Partisipasi Publik di Pilkada 2020 Akan Turun karena Khawatir Tertular Covid-19 

Adapun pengajuan calon pengganti yang diusung dari partai politik dilakukan paling lama 7 hari sejak calon dinyatakan berhalangan tetap sesuai dengan bunyi PKPU 3/2017 Pasal 82.

Dalam kesempatan itu, Ilham memperlihatkan nama bakal calon pengganti ketiga cakada yang meninggal tersebut dalam presentasi. 

Untuk calon Wali Kota Bontang Adi Darma yang meninggal dunia pada 1 Oktober 2020 sudah memiliki bakal calon pengganti yaitu Basri Rase.

Calon Bupati Berau Muharram yang dinyatakan meninggal dunia pada 22 Agustus 2020, sudah memiliki calon pengganti yaitu Sri Juniarsih.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas