Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kepuasan Masyarakat Terhadap Kinerja Jokowi Capai 70 Persen

Hasil survei LSI Denny JA menyebut Kepuasan masyarakat Indonesia terhadap kinerja Presiden Joko Widodo masih tergolong tinggi

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Kepuasan Masyarakat Terhadap Kinerja Jokowi Capai 70 Persen
Biro Pers Setpres/Laily Rachev
Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat menemui awak media. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepuasan masyarakat Indonesia terhadap kinerja Presiden Joko Widodo masih tergolong tinggi. 

Hal itu dibuktikan dari hasil temuan Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA, dimana rata-rata kepuasan masyarakat mencapai angka 70 persen. 

"Kepuasan publik terhadap kinerja Jokowi sebagai Presiden secara umum juga mengalami fluktuasi. Namun secara umum, kepuasan terhadap Jokowi masih relatif tinggi," ujar peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa, di Kantor LSI, Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (27/11/2018). 

Kendati angka tersebut tak pernah sama atau berubah-ubah tiap bulannya, namun demikian, ia menyebut angka itu tak pernah berada di bawah 60 persen. 

Angka tertinggi pernah mencapai 75 persen, yakni pada bulan Agustus 2018. Adapun pada September, ada penurunan sedikit dari angka di bulan Agustus menjadi 70,7 persen. 

Baca: Survei Median: Elektabilitas Jokowi-Maruf Unggul di NU, Prabowo-Sandi Unggul di Muhammadiyah

"Pada Oktober 2018, ada sentimen positif terhadap kinerja Jokowi sehingga mereka yang puas terhadap kinerjanya mengalami kenaikan meski tak signifikan. Mereka yang puas terhadap kinerja Jokowi di Oktober 2018 sebesar 71,2 persen," jelasnya.

BERITA REKOMENDASI

Sementara, angka tingkat kepuasan terendah yang pernah dicapai Jokowi yakni pada bulan November ini sebesar 69,4 persen. 
"Dan kini mereka yang puas terhadap kinerja Jokowi sebagai presiden sebesar 69,4 persen," pungkasnya. 

Sekedar informasi, survei ini melibatkan 1.200 responden dengan metode random sampling, dan dilakukan pada 10 hingga 19 November 2018. 

Pengambilan sampel dilakukan dengan wawancara tatap muka menggunakan kuesioner. Adapun margin of error dari survei berada pada angka kurang lebih 2,9 persen.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas