Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Pilpres 2019

PT Gramedia Cetak Surat Suara Pemilu untuk Lima Provinsi

Gramedia merupakan satu dari enam perusahaan atau konsorsium yang memegang hak pencetakan dan pendistribusian surat suara.

PT Gramedia Cetak Surat Suara Pemilu untuk Lima Provinsi
Wartakota/Henry Lopulalan
CETAK SURAT SUARA - Petugas percetakan memperhatikan kwalitas kerta suara pemilu 2019 dipercetakan PT Gramedia, Palmerah, Jakarta Pusat, Minggu, (20/1/2019). KPU memulai produksi surat suara yang akan dipakai dalam Pemilu 2019 dengan total surat suara yang dicetak sebanyak 939.879.651 lembar. (WartaKota/Henry Lopulalan) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pencetakan perdana surat suara Pemilu 2019 sudah dimulai per hari ini, Minggu (20/1/2019).

PT Gramedia merupakan satu dari enam perusahaan atau konsorsium yang memegang hak pencetakan dan pendistribusian surat suara.

Berdasarkan keputusan KPU, PT Gramedia mencetak surat suara untuk provinsi Aceh, Sumatera Utara, Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Sulawesi Selatan.

"Penetapan pemenang ini diumumkan, setelah KPU melakukan seleksi berdasarkan administrasi, penawaran harga terendah, spesifikasi teknis, dan kapasitas produksi masing-masing perusahaan," ujar Direktur Printing Grup Kompas Gramedia Hari Susanto saat menerima kunjungan jajaran KPU di Palmerah Selatan, Minggu (20/1/2019).

Baca: Virgil van Dijk Beberkan Pola Latihan Menyiksa Ala Juergen Klopp di Liverpool

Total surat suara yang dicetak PT Gramedia sebanyak 292.019.984 lembar. Jumlah tersebut masih bisa berubah menyesuaikan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang akan ditetapkan KPU.

Hari mengatakan surat suara yang dicetak PT Gramedia terdiri dari lima model, yakni surat suara presiden dan wakil presiden, surat suara DPR RI, surat suara DPD, surat suara DPRD Provinsi, dan surat suara DPRD Kabupaten.

"Proses produksi dan distribusi akan berlangsung selama 70 hari, terhitung sejak berlakunya kontrak kerja antara KPU dengan PT Gramedia," katanya.

Hari mengatakan bahwa selama proses produksi PT Gramedia menerapkan standar khusus dari segi keamanan guna menjaga kerahasian surat suara. PT Gramedia juga melakukan penjagaan penuh selama 24 jam.

"Penjagaan dilakukan pihak internal Kompas Gramedia, bekejasama dengan Polri serta diawasi oleh KPU," katanya.

Dalam pengadaan surat suara pemilu ini, Gramedia tergabung dalam kerja sama operasi (KSO) di mana PT Gramedia sebagai leader. Anggota KSO antara lain PT Medan Media Grafika (Medan), PT Bawen Mediatama (Semarang), PT Antar Surya Jaya (Surabaya), PT Bosowa Media Grafika (Makassar) dan PT Pura Barutama (Kudus).

Rincian pembagian pencetakan, yaiu PT Gramedia sebanyak 138 juta lembar, PT Medan Media Grafikatama mencetak 29 juta lembar, PT Bawen Mediatama mencetak 13 juta lembar, PT Antar Surya Jaya mencetak 6 juta lembar, PT Bosowa Media Grafika mencetak 12 juta lembar dan PT Pura Barutama mencetak 94 juta lembar.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Taufik Ismail
Editor: Sanusi
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas