Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Survei Puskaptis : Elektabilitas Prabowo 47,59 Persen, Jokowi 45,37 Persen

Puskaptis memaparkan, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno unggul tipis yakni 47,59 persen sementara dari Jokowi - Maruf Amin 45,37 persen

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
zoom-in Survei Puskaptis : Elektabilitas Prabowo  47,59 Persen, Jokowi 45,37 Persen
Tribunnews.com/Rina Ayu
Direktur Eksekutif Puskaptis, Husin Yasid, saat memaparkan survei di hotel kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin (8/4/2019) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Lembaga survei Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis) merilis hasil survei elektabilitas calon presiden dan wakil presiden 2019.

Puskaptis memaparkan, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno unggul tipis yakni 47,59 persen sementara dari Jokowi - Maruf Amin 45,37 persen.

Baca: Hasil Survei Puskaptis Unggulkan Prabowo-Sandi dan Kuasai 5 Provinsi di Jawa

Ia mengatakan berbagai alasan publik terkait unggulnya elektabilitas Prabowo - Sandiaga Uno dari Jokowi - Maruf Amin publik di antaranya menginginkan perubahan dan presiden baru.

"Sosok keduanya dipandang mampu memperbaiki kondisi ekonomi saat ini serta memiliki karakter tegas dan berwibawa," katanya.

Meski demikian, dari hasil survei yang sama menunjukan bahwa 50 persen masyarakat puas terhadap citra kepemimpinan Jokowi.

"Perbedaan tingkat elektabilitas yang ketat ini dapat disimpulkan kedua pasangan punya peluang yang sama dalam memenangkan pertarungan. Namun dengan dengan keunggulan 2,14 persen, Prabowo-Sandiaga, berpeluang besar menangkan pertarungan di 17 April 2019," ucap Husin.

Baca: Hasil Survei Terbaru Indodata: Jokowi-Maruf 54,8 Persen, Prabowo-Sandi 32,5 Persen

BERITA REKOMENDASI

Survei dilakukan pada 26 Maret - 2 April 2019, yang diklaim dilakukan secara proporsional di 34 provinsi, dengan jumlah responden sebanyak 2.100 berusia 17 tahun atau di atasnya dan telah menikah, serta tersebar baik di pedesaan maupun di perkotaan.

Survei dilakukan dengan Metode Multistage Random Sampling dan margin error kurang lebih 2,4 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas