Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Pilpres 2019

Biar Kondusif, Erick Thohir Sarankan Simpatisan Jokowi Ajak Bercanda 'Peganggu'

Ketua Tim Kampanye Nasional Erick Tohir mengingatkan peserta rapat umum rakyat sebagai kampanye akbar hari ini untuk menjaga situasi.

Biar Kondusif, Erick Thohir Sarankan Simpatisan Jokowi Ajak Bercanda 'Peganggu'
IST
Massa Jokowi di GBK 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Tim Kampanye Nasional Erick Tohir mengingatkan peserta rapat umum rakyat sebagai kampanye akbar hari ini untuk menjaga situasi. 

“Kami mengingatkan agar para pendukung 01 yang akan hadir waspada atas upaya gangguan dari pihak tak bertanggung-jawab yang bertujuan untuk memancing emosi kita,” katanya.

Terdapat 3 skenario yang mungkin terjadi. Pertama, kata Erick, para pengganggu bergabung dengan pendukung 01 untuk kemudian berfoto dengan simbol jari yang tidak sesuai dengan tema kampanye Jokowi-Amin.

“Mohon jangan terpancing emosi, saran tindakan adalah ajak bercanda dan foto bareng juga dengan simbol jempol kita,” ucap Erick.

Tindakan yang perlu diambil, saran Erick, adalah para pendukung 01 juga ambil foto untuk kemudian disebarkan dengan tagar bernuansa persatuan.

Contoh tagar yang dimaksud adalah “#01MenyatukanPerbedaan”, “#01TerbukaUntukSemua”, dan “#01TidakEksklusif”.

Baca: Survei Charta Politika: PDI Perjuangan Pimpin Perolehan Suara Caleg di Pileg 2019

Skenario kedua, jelas Erick, berawal seperti skenario 1, namun ada penyusup lain yang berperan sebagai pendukung 01 yang emosional dan melakukan tindak kekerasan terhadap mereka. 

“Jangan lupa, dalam skenario kedua ini mereka sudah siapkan ‘tim dokumentasi’ sendiri. Kami menyarankan agar segera pisahkan mereka sejauh mungkin ketika kata-kata makian sudah terlontar. Ini adalah ‘kode’ akan dimulainya sandiwara ‘kerusuhan’,” ucapnya.

Baca: Prabowo Pecat Indah Putri Indriani, Bupati Cantik Luwu Utara, Ternyata Ini Alasannya

Sementara itu, Erick menggarisbawahi skenario ketiga, yaitu ada kemungkinan para pengganggu tidak segan-segan untuk memancing kerusuhan yang lebih besar.

“Mereka akan melangsungkan kerusuhan secara terbuka dan memprovokasi terjadinya perluasan kerusuhan. Jika ini terjadi, kami menyarankan agar segera ambil gambar mereka, dan saat bersamaan minta teman kita melapor pihak keamanan,” tandas Erick.

Kampanye akbar pasangan Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi dengan Kiai Ma’ruf Amin dijadwalkan berlangsung meriah di Gelora Bung Karno (GBK) di Jakarta Pusat, Sabtu (13/4/2019).

Lautan massa hingga berita ini diturunkan, terus mengalir dan memadati lokasi yang diperkirakan akan mengular dari GBK hingga Bundaran HI.

Penulis: Yulis Sulistyawan
Editor: Fajar Anjungroso
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas