Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Pilpres 2019

Jokowi: Pentingnya Hilirisasi Industri untuk Dongkrak Harga Komoditas

Selama ini, kata Jokowi, Indonesia masih mengekspor bahan mentah mulai dari karet, kelapa sawit hingga perikanan ke luar negeri.

Jokowi: Pentingnya Hilirisasi Industri untuk Dongkrak Harga Komoditas
Tribunnews/Herudin
Capres 01, Joko Widodo melakukan orasi saat kampanye dengan tema Konser Putih Bersatu, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (13/4/2019). Konser Putih Bersatu tersebut menjadi puncak dari kampanye akbar pasangan nomor urut 01 sebelum memasuki masa tenang dan hari pemungutan suara (Pemilu) serentak pada tanggal 17 April 2019 mendatang. Tribunnews/Herudin 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Calon Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pentingnya hilirisasi industri guna menjaga stabilitas harga komoditas pertanian dan perikanan di Indonesia.

Selama ini, kata Jokowi, Indonesia masih mengekspor bahan mentah mulai dari karet, kelapa sawit hingga perikanan ke luar negeri.

Hal itu disampaikan Jokowi saat menjawab pertanyaan panelis terkait langkah yang akan dilakukan Capres dan Cawapres dalam menjaga stabilisasi harga komoditas di Debat kelima Pilpres di Golden Ballroom Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Sabtu (13/4/2019).

"Iya memang kita sudah terlalu lama komoditas kita tergantung pasar luar negeri, kita sudah terlalu lama mengekspor dalam bentuk mentahan, baik itu karet, baik itu kelapa sawit, baik itu perikanan, baik itu komoditas-komoditas pertanian," kata Jokowi.

Baca: Nobar Debat Pilpres di Rumah Ibunda Jokowi, Artis Lokal Solo Kenang Makan Nasi Kotak Bareng Jokowi

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini akan melakukan hilirisasi dan industrialisasi. Hal itu dimaksudkan untuk menekan bahan mentah diekspor dan menekan harga komoditas dalam negeri.

"Kita ekspor yang dalam bentuk olahan, sudah di-labelling di sini, sudah dibangun brand dari sini, begitu juga komoditas perkebunan, ke depan harus berani hilirisasi mencegah agar ekspor kita tidak dalam bentuk mentahan, minimal barang setengah jadi," ujar Jokowi.

"Juga untuk bidang-bidang yang berkaitan dengan produk pertanian, anak-anak muda sekarang membangun sistem online, yang ini bisa disambung, akan memudahkan petani-petani langsung berhubungan dengan konsumen lewat digital ekonomi," jelasnya.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas