Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Pilpres 2019

Kunci Kotak Suara Jadi Penyebab Ketua KPPS di Kelurahan Silangit Ditusuk

Rio Habibi yang menjadi Ketua KPPS di Kelurahan Silangit, Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan, menjadi korban penusukan.

Kunci Kotak Suara Jadi Penyebab Ketua KPPS di Kelurahan Silangit Ditusuk
TRIBUN JABAR/TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Cicendo, Yopi Setio Nugroho menyusun kotak suara Pemilu 2019 di Gudang Logistik Pemilu 2019 Kecamatan Cicendo di Wisma Penka KAI, Jalan Kebon Kawung, Kota Bandung, Senin (15/4/2019). Logistik Pemilu 2019 di PPK Cicendo terdiri dari 1.415 kotak suara dan logistik lainnya yang akan didistribusikan ke 283 TPS yang tersebar di enam kelurahan di Kecamatan Cicendo pada Selasa (16/4/2019) pagi. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Zulkarnain Adinegara mengatakan masalah kunci kotak suara menjadi penyebab penusukan kepada Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Rio Habibi.

Diketahui, Rio Habibi yang menjadi Ketua KPPS di Kelurahan Silangit, Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan, menjadi korban penusukan.

Ia menjelaskan penusukan tersebut diawali oleh tersinggungnya salah satu anak RT setempat, karena diminta mencari kunci dari kotak suara.

"Saat mau mulai pemungutan suara kan buka kotak. Kuncinya ada 3, kurang satu, disuruh nyari mungkin tersinggung," ujar Zulkarnain, ketika dikonfirmasi, Rabu (17/4/2019).

Jenderal bintang dua itu menuturkan bahwa korban kini telah dirawat dan pelaku telah diamankan. Pemungutan suara di kelurahan itu pun, kata dia, telah kembali berjalan.

"(Sudah dirawat, (pelaku) sudah diamankan, pemilihan tetap berjalan. Dilaporkan berjalan," kata dia.

Baca: Kapolda Sumsel Benarkan Ketua KPPS Kelurahan Silangit Ditusuk

Sebelumnya diberitakan, Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Zulkarnain Adinegara membenarkan perihal penusukan yang terjadi di Kelurahan Silangit, Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan.

Ia menjelaskan bahwa penusukan dilakukan oleh salah satu anak RT lantaran salah paham.

"Iya benar, bukan diduga, (benar) ditusuk sama salah satu anak RT di situ. Sudah diamankan, (karena) salah paham," ujar Zulkarnain, ketika dikonfirmasi, Rabu (17/4/2019).

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas