Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

MPN Pemuda Pancasila Ajak Masyarakat Jaga Hasil Pemilu Konstitusional

Japto S Soerjosoemarno menyatakan, sebagai bangsa besar patut bersyukur karena pelaksanaan pesta demokrasi berjalan aman

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Sanusi
zoom-in MPN Pemuda Pancasila Ajak Masyarakat Jaga Hasil Pemilu Konstitusional
Istimewa
Ketua Majelis Pimpinan Nasional Pemuda Pancasila, Japto S Soerjosoemarno 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Majelis Pimpinan Nasional Pemuda Pancasila (MPN PP) meminta, kepada semua pendukung pasangan Capres-Cawapres, tetap menjaga persatuan dan menunggu hasil real count, Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang sedang dilakukan perhitungan secara berjenjang.

Ketua Umum MPN PP Japto S Soerjosoemarno menyatakan, sebagai bangsa besar patut bersyukur karena pelaksanaan pesta demokrasi berjalan aman dan lancar.

Menurut Japto, adanya dinamika yang berkembang dalam pemberitaan media massa serta media social merupakan sarana informasi awal.

’’Quick count Pemilu 2019 baik itu Pileg maupun Pilpres merupakan sebagai informasi Awal,’’ kata Japto dalam keterangan persnya, Jumat (19/4/2019).

Baca: Ketua DPR RI Apresiasi Keberhasilan TNI dan Polri Amankan Pemilu

Dirinya menjelaskan, lembaga yang mengelurkan hasil hitung cepat sudah terdaftar resmi di KPU.

Validasi hasil quick count bukan hasil final atau definitif, karena dalam Undang-Undang (UU) Pemilu Nomor 7 Tahun 2017, adalah hasil hitung manual yang dilakukan oleh KPU.

’’Finalnya, real count oleh KPU sebagai penyelenggara pemilu,’’ tegas Japto.

BERITA REKOMENDASI

Karena itu, menurut dia, dinamika kebangsaan yang terjadi khususnya pada pasangan 01 Jokowi-Ma’ruf telah menyampaikan kepada publik. Bahwa menunggu hasil hitung manual resmi KPU merupakan bentuk sikap kenegarawanan yang harus diapresiasi.

Begitu juga dengan, capres Prabowo Subianto yang menyatakan menjaga untuk Tempat Pemungutan Suara (TPS) serta kawal hasil sampai ke KPU.

’’Ini bentuk penghargaan pada proses Pemilu. Di mana Prabowo menyatakan pada pendukungnya menjaga sikap dan perilaku agar tidak terprovokasi melakukan tindakan di luar koridor hukum. Ini patut diapresiasi,’’ terangnya.

Dia mengaku, saat ini dalam proses pernghitungan yang sedang berjalan secara berjenjang. Dari waktu ke waktu, menit per menit, dan sampai beredarnya dinamika politik begitu tinggi.

Beredarnya, video provokatif yang dilakukan oknum secara sengaja ingin menaskan suasana yang sudah berjalan kondusif, aparat keamanan jangan ragu menindak.

’’Kami, minta aparat keamanan TNI/Polri jangan ragu melakukan penegakan hukum sesuai UU yang berlaku,’’ tegas Japto.

Japto menegaskan, proses Pemilu 2019 ada catatan temuan MPN PP. Yakni, di mana urusan teknis baik itu logistik maupun penundaan proses pemilihan dapat diselesaikan dengan mekanisme yang benar dan dalam tempo sesingkat-singkatnya.

’’KPU sebagai penyelenggara pemilu memiliki integritas menjaga suara rakyat. Untuk itu, kami minta KPU benar-benar menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik,’’ pintanya.

’’Sebagai bagian NKRI, PP mengajak seluruh elemen bangsa bersama-sama bersatu, menjaga hasil Pemilu 2019 ini, sebagai proses konstitusional yang telah sama-sama disepakati,’’ tambah dia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas