Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Ramadan

3 Contoh Teks Khutbah Jumat Terakhir Ramadhan 2024

Inilah 3 contoh teks khutbah Jumat terakhir Ramadhan 2024, cara mengakhiri Ramadhan 2024 dengan amal-amal baik dan memaksimalkan sisa bulan puasa.

Penulis: Muhammad Alvian Fakka
Editor: Febri Prasetyo
zoom-in 3 Contoh Teks Khutbah Jumat Terakhir Ramadhan 2024
Kolase Tribunnews
Teks Khutbah Jumat Terakhir Ramadhan 2024. Inilah 3 contoh teks khutbah Jumat terakhir Ramadhan 2024, cara mengakhiri Ramadhan 2024 dengan amal-amal baik dan memaksimalkan sisa bulan puasa. 

TRIBUNNEWS.COM - Inilah 3 contoh teks khutbah Jumat terakhir Ramadhan 2024.

Hari raya Idul Fitri 1445 H diperkirakan jatuh pada Rabu, 10 April 2024.

Itu artinya hari ini, Jumat (5/4/2024), adalah Jumat terakhir pada Ramadhan 2024.




Adapun naskah khutbah Jumat dalam artikel ini berkaitan dengan cara mengakhiri bulan Ramadhan 2024 dengan amal-amal baik dan memaksimalkan sisa bulan puasa.

Dalam khutbah Jumat akhir Ramadhan 2024 ini akan diterangkan bagaimana umat Islam dapat meningkatkan ketakwaan dan keimanan hingga sungguh-sungguh dalam beramal.

Khotib dapat menyampaikan tentang cara ibadah yang baik di sisa bulan puasa Ramadhan agar diterima oleh Allah SWT.

Simak 3 contoh khutbah jumat akhir Ramadhan 2024 berikut ini, melansir dari laman Pondok Pesantren Lirboyo dan Pondok Pesantren Tebuireng.

1. Khutbah Jumat Terakhir Ramadhan 2024: Mengakhiri Bulan Ramadlan dengan Amal-amal Baik

اَلْحَمْدُ لِلهِ الَّذِي جَعَلَ شَهْرَ رَمَضَانَ غُرَّةَ وَجْهِ الْعَام. وَأَجْزَلَ فِيْهِ الْفَضَائِلَ وَالْإِنْعَام. وَشَرَّفَ أَوْقَاتَهُ عَلَى سَائِرِ الْأَوْقَاتِ وَفَضَّلَ أَيَّامَهُ عَلَى سَائِرِ اْلأَيَّام. وَخَصَّ نِصْفَهُ الْأَخِيْرَ بِمَزِيْدِ فَضْلٍ وَإِكْرَام. فَسُبْحَانَهُ مِنْ إلهٍ أَيْقَظَ فِيْهِ قُلُوْبًا كَانَ لَهَا إِلَى الْخَيْرَاتِ وُثُوْبٌ وَإِقْدَام. أَحْمَدُهُ عَلَى إِحْسَانِهِ الْعَام. وَأَشْكُرُهُ عَلَى التَّوْفِيْقِ لِلْإِيْمَانِ وَالْإِسْلَام. وَأَشْهَدُ أَنْ لَّا إلهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ شَهَادَةَ مَنْ قَالَ رَبِّيَ اللهُ ثُمَّ اسْتَقَام. وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ أَفْضَلُ مَنْ صَلَّى وَصَامَ. وَأَتْقَى مَنْ تَهَجَّدَ وَقَام. اللهم صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى عَبْدِكَ وَرَسُوْلِكَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ هُدَاةِ الْأَنَام.(أَمَّا بَعْدُ) فَيَآ أَيَّهَا النَّاسُ اتَّقُوا اللهَ تَعَالَى بِفِعْلِ الطَّاعَاتِ وَتَرْكِ الْآثَام. فَإِنَّ شَهْرَكُمْ قَدْ أَخَذَ فِي النَّقْصِ وَالْاِنْصِرَام.

Hadirin jama’ah jum’at rahimakumullah …

BERITA TERKAIT

Marilah kita tingkatkan takwa kita kepada Allah SWT dengan menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Sesungguhnya bulan suci Ramadlan telah mulai berkurang dan habis. Oleh karena itu, marilah kita bersungguh-sungguh dalam beramal. Barangsiapa di antara kita yang telah berbuat baik, maka tetaplah demikian hingga sempurna. Dan barangsiapa yang melaluinya dengan kecerobohan, maka akhirilah bulan Ramadlan ini dengan amal-amal baik. Karena baik buruknya amal tergantung pada akhir amal itu. Sebagaimana dikatakan oleh para ulama’

إِنَّمَا الْأُمُوْرُ بِخَوَاتِمِهَا

“Sesungguhnya (baik jeleknya) perkara tergantung akhir dari perkara itu.”

Hadirin yang berbahagia

Perlu kita ketahui bahwa bulan yang telah dimulyakan Allah SWT sangat patut untuk kita jaga dari perbuatan jelek dan dosa. Al-Quran seringkali menasehati kita, namun hati kita masih enggan untuk menerimanya. Ayat-ayat al-Quran sering kali mengajak kita melakukan kebaikan, namun kita enggan melakukannya.

Demi Allah, seandainya kita merasakan lezatnya munajat dengan Allah SWT, niscaya kita akan meninggalkan yang lain. Namun, kita masih terlena dengan sesuatu yang akan sirna dan jauh dari kenikmatan yang kekal abadi.

Baca juga: Teks Khutbah Jumat Ramadhan: Takwa Bukanlah Identitas Melainkan Proses yang Berkelanjutan

Hadirin rahimakumullah…

Di bulan inilah, waktu kita untuk meramaikan masjid dengan berbagai macam ibadah, memperbanyak i’tikaf serta dengan memperbanyak membaca al-Quran. Bulan ini adalah bulan, dimana semua doa akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Oleh karena itu, marilah kita tingkatkan amal ibadah kita kepada Allah SWT di bulan yang suci ini.

أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْم. إِنَّ الَّذِينَ هُم مِّنْ خَشْيَةِ رَبِّهِم مُّشْفِقُونَ. وَالَّذِينَ هُم بِآيَاتِ رَبِّهِمْ يُؤْمِنُونَ . وَالَّذِينَ هُم بِرَبِّهِمْ لا يُشْرِكُونَ. وَالَّذِينَ يُؤْتُونَ مَا آتَوا وَّقُلُوبُهُمْ وَجِلَةٌ أَنَّهُمْ إِلَى رَبِّهِمْ رَاجِعُونَ. أُوْلَئِكَ يُسَارِعُونَ فِي الْخَيْرَاتِ وَهُمْ لَهَا سَابِقُونَ. بَارَكَ اللهُ لِي وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ وَنَفَعَنَا وَإِيَّاكُمْ بِالْآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ إِنَّهُ تَعَالَى جَوّاَدٌكَرِيْمٌ مَلِكٌ بَرٌّ رَءُوْفٌ رَّحِيْم

2. Khutbah Jumat Akhir Ramadhan 2024: Meningkatkan Kualitas Ibadah di Momen Ramadhan

Oleh: KH. Djunadi Hidayat

اِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَسَيّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاّ اللهُ وَأَشْهَدُ أَنّ مُحَمّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُه

اَللهُمّ صَلّ وَسَلّمْ عَلى سيّدنا مُحَمّدٍ وَعَلى آلِهِ وِأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدّيْن

يَاأَيّهَا الّذَيْنَ آمَنُوْا اتّقُوا اللهَ حَقّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنّ إِلاّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas