Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Perempuan Muhammadiyah Minta Jatah

Organisasi wanita di bawah Muhammadiyah, Pimpinan Pusat (PP) Aisyiyah melayangkan nota keberatan

Penulis: Abdul Qodir
Editor: Prawira
zoom-in Perempuan Muhammadiyah Minta Jatah
SURYA/ERIC SISWANTO
Lambang Muhammadiyah 
Laporan wartawan Tribunnews.com, Abdul Qodir

TRIBUNNEWS.COM, YOGYAKARTA - Organisasi wanita di bawah Muhammadiyah, Pimpinan Pusat (PP) Aisyiyah melayangkan nota keberatan atas hasil pemilihan 39 calon anggota Pimpinan Pusat Muhammadiyah periode 2010-2015, karena tidak ada keterwakilan kaum perempuan.

"Kami sudah surati tadi pagi panitia pelaksana, untuk segera diketahui oleh PP Muhammadiyah," kata Sekretaris Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Trias Setiawati, Yogyakarta, Minggu (4/7/2010).

Keberatan ini disampaikan, karena perempuan juga anggota Muhammadiyah yang mempunyai hak dalam kepengurusan Muhammadiyah.

PP Aisyiyah telah menyodorkan sejumlah nama perempuan saat sidang Tanwir. Tapi, dari 39 calon anggota tetap PP Muhammadiyah hasil sidang, tak satupun ada nama perempuan.

Trias mengibaratkan persoalan ini sebagai rumah dengan anggota kaum laki-laki dan perempuan, yang seharusnya kedua belah pihak memiliki hak yang sama untuk bersuara. "Jadi, perempuan tidak hanya bersuara di kamar sendiri untuk kemudian didengarkan kaumnya sendiri," ujarnya..

Trias melihat hasil sidang Tanwir seperti tak menghargai kontribusi PP Asyiyah di 33 provinsi dan tidak mencerminkan semangat muktamar, yakni kesetaraan laki-laki dan perempuan.

Dengan alasan di atas, Aisyiyah mendesak agar Muktamar ke-46 Muhammadiyah memasukan keterwakilan perempuan di PP Muhammadiyah periode 2010-2015 dengan aksi afirmatif.

BERITA REKOMENDASI

Untuk jangka panjang, Aisyiyah mendesak perubahan sistem pemilihan anggota PP Muhammadiyah dan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga agar ada perimbangan keanggotaan laki-laki dan perempuan dan perbaikan proporsi tanwir atau utusan daerah.

Trias berharap, PP Muhammadiyah segera merespon nota keberatan ini.

Usulan keterwakilan perempuan ke pengurus Muhammadiyah, juga didukung oleh Ketua Nasyiatul Aisyiyah, Abidah Muflihati. Nasyiatul Asyiyah merupakan organiasi otonom perempuan muda Muhammadiyah di bawah Aisyiyah.

Abidah bersama pimpinan Aisyiyah akan melobil PP Muhammadiyah dengan pendepatan kultural. "Kami punya akses untuk pendekatan kultural kepada bapak-bapak itu, untuk menyuarakn keterwakilan perempuan," ujar Abidah.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas