Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Pertamina Miliki Asset Lahan 1.022 Hektar di Tanggamus

PT. Pertamina memiliki asset lahan seluas 1.022 hektar di kabupaten Tanggamus.

Pertamina Miliki Asset Lahan 1.022 Hektar di Tanggamus
ist
Logo Pertamina
Wartawan Tribun Lampung, Dedi Sutomo
    
TRIBUNNEWS.COM, KOTA AGUNG
- PT. Pertamina memiliki asset lahan seluas 1.022 hektar di kabupaten Tanggamus. Asset lahan ini berada di dua kecamatan, yakni Kecamatan Kota Agung Timur dan Limau.

Dalam paparannya pada rapat kerja dengan Pemkab Tanggamus, terkait dengan penataan assetnya, Senin (11/4/2011), Vice President Aset Managenment PT. Pertamina, Gatot Harsono, mengungkapkan, bahwa kepemilikan asset lahan tersebut sudah sejak sekitar awal tahun 1970-an.

Di mana, imbuhnya, Pertamina bermaksud menjadikan kawasan teluk Semaka sebagai tempat penampungan minyak impor. Pembebasan lahan, terangnya, dimulai sejak tahun 1973 melalui SK Gubernur No. G/49/ D.I/HK/73 tertanggal 7 April 1973. Dan dilanjutkan dengan  pembebasan lahan sebanyak 3 tahap sejak tahun 1974 s.d 1979.

"Namun karena krisis keuangan mendera Pertamina pada awal tahun 1980-an, rencana pembangunan tempat penampungan minyak impor pun tidak berlanjut," ujarnya.

Dan, pada tahun 1985, ungkap Gatot, Pertamina memberikan kuasa kepada pihak lain, yakni masyarakat sekitar, untuk mengelola lahan assetnya yang ada di Kabupaten Tanggamus sebagai lahan palawija.

"Namun aspek legal kepemilikan lahan tersebut tetap menjadi milik Pertamina. Dimana asset tersebut telah terdaftar sebagai aset Negara," tandasnya.

Ikuti kami di
Editor: Alfred Dama
Sumber: Tribun Lampung
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas