Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Polda Papua: Buchtar Tabuni Sering Menghasut

Kepolisian Daerah (Polda) Papua membenarkan telah menangkap Anggota DPR

Penulis: Chanry Suripatty
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Polda Papua: Buchtar Tabuni Sering Menghasut
Chanry Andrew Suripatty
Buchtar Tabuni, Ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB) saat dibawa oleh aparat Kepolisian dari Reskrim Polda Papua menuju ruang pemeriksaan. 

Laporan Kontributor Tribunnews.com, Chanry Andrew Suripatty

TRIBUNNEWS.COM, JAYAPURA - Kepolisian Daerah (Polda) Papua membenarkan telah menangkap Anggota DPR Papua Buchtar Tabuni Ketua Umum Komite Nasional Papua Barat (KNPB), Kamis (7/6/2012).

Wakapolda Papua, Brigjend Polisi Drs. Paulus Waterpauw kepada Tribunnews.com di Mapolda Papua mengatakan penangkapan Buchtar Tabuni  dikarenakan yang bersangkutan (Buchtar Tabuni) adalah pemimpin Organisasi KNPB yang pro referendum (Papua Merdeka), selain itu dalam setiap aksi demonya sering terjadi kasus anarkhis.

”Dia yang memimpin KNPB, dan melakukan penghasutan, siapkan demo yang berbuntut aksi tindakan kekerasan. Selain itu demo mereka itu kerap kali tidak ada izin resmi dari polisi  tapi selalu melawan,” jelas Paulus Waterpauw.

Saat disinggung keterlibatan Buchtar dalam serangkaian aksi teror dan tindak kekerasan yakni penembakan yang belakangan ini marak terjadi di Jayapura, Wakapolda mengatakan hal itu belum mengarah ke tindakan-tindakan tersebut.

Hingga saat ini Buchtar Tabuni bersama dua rekannya masing-masing Riber Weya (20) dan Hengky Oalua (23) masih menjalani pemeriksaan secara intensif di ruang reserse dan criminal Polda Papua. Dari pantauan Tribunnews.com Situasi di Polda Papua tidak seperti biasanya dimana satu regu Pasukan Pelopor Brimob Polda Papua menjaga situasi di Markas Polda Papua.

Baca juga:

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas