Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pengeloa SPBU di Pantura Tambah Mesin Pompa

, pengelola SPBU juga menambah alat pompa pengisian bahan bakar minyak

Editor: Budi Prasetyo
zoom-in Pengeloa SPBU di Pantura Tambah Mesin Pompa
Isi BBM SPBU 

TRIBUNNEWS.COM REBES, - Pengelola beberapa Stasiun Pompa Bahan Bakar Umum (SPBU) di sepanjang Jalur Pantai Utara Jawa Tengah tengah bersiap menyambut arus balik lebaran. Disamping menyiapkan lokasi tempat istirahat dan fasilitas umum, pengelola SPBU juga menambah alat pompa pengisian bahan bakar minyak, supaya tidak terjadi penumpukan kendaraan hingga ke jalan raya.

Karyanto (52) Operator SPBU 44.522.01 Bulakamba, Brebes, Jawa Tengah menuturkan, SPBU tempat dirinya bekerja selama beberapa tahun terakhir ini selalu menambah jumlah pompa pengisian BBM khususnya jenis premium. Menurutnya, pada arus balik permintaan penggunaan BBM premium biasanya meningkat tajam terutama pemudik sepeda motor dan kendaraan pribadi.

"Karena tingginya pengguna BBM jenis premium, selama arus mudik dan arus balik lebaran ini pihak pengelola SPBU mengganti pompa BBM solar ke Premium," tuturnya, Selasa (21/8/2012).

Karyanto menambahkan permintaan stok Bahan Bakar Minyak selama masa lebaran juga melonjak drastis. Jika hari biasa sehari hanya menjual 3 ton minyak atau setara 3.000 liter, dalam masa lebaran seperti saat ini penjualan bahan bakar minyak bisa mencapai 12 ton minyak atau 12.000 liter perhari.

"Kalau masa lebaran permintaan kebutuhan premium biasanya melonjak tajam terutama oleh kendaraan pemudik, bahkan dalam sehari bisa menjual 12.000 liter," tambah pria yang sudah 22 tahun bekerja di SPBU tersebut.

Karyanto mengaku jika penjualan BBM di tempat bekerja tahun ini menurun apabila dibandingkan dengan masa lebaran tahun 2011 yang lalu, dimana antrean kendaraan motor dan kendaraan pribadi pemudik memanjang hingga jalan raya.

Untuk mengantisipasi keruwetan dan kepadatan di pintu masuk SPBU, seperti tahun-tahun sebelumnya beberapa petugas kepolisian ikut membantu mengatur dan menertibkan antrian kendaraan di SPBU. Untuk menghindari penyalah gunaan penggunaan bahan bakar minyak, pihak pengelola SPBU menolak melayani pembelian bahan bakar minyak menggunakan jerigen.

BERITA TERKAIT

Baca Juga :

Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas