Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Nasabah Serbu Kantor Bank di Makassar

Setelah libur lebaran, perbankan di Makassar beroperasi secara normal melayani nasabahnya, Kamis (23/8/2012).

Editor: Yudie Thirzano
zoom-in Nasabah Serbu Kantor Bank di Makassar
TRIBUNKALTIM/NEVRI
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Hasriyani Latif

TRIBUNNEWS.COM, MAKASSAR - Setelah libur lebaran, perbankan di Makassar beroperasi secara normal melayani nasabahnya, Kamis (23/8/2012). Di hari pertama operasional tersebut, sejumlah perbankan "kebanjiran" nasabah setoran.

Kepala Bank Mandiri Wilayah X Makassar, Edhi Chrystanto, mengatakan, seperti tahun-tahun sebelumnya, di hari operasional perbankan pasca-libur lebaran, setoran mendominasi jenis transaksi perbankan yang ada di Bank Mandiri. "Sementara dari sisi nasabahnya, nasabah individual mendominasi transaksi," katanya kepada Tribun.

Dominasi jenis transaksi setoran ini, kata dia, masih akan berlangsung hingga beberapa hari ke depan. Dia memprediksikan, Senin depan, transaksi di perbankan akan lebih ramai ketimbang hari-hari pertama operasional bank.

"Untuk beberapa hari ke depan, tampaknya jenis transaksi ini yang akan dominan karena uang cash yang beredar akan kembali dosetor ke perbankan. Prediksinya senin depan akan lebih ramai lagi karena pastinya banyak nasabah perusahaan (selain nasabah indivisual) sudah mulai aktif. Normal lagi usahanya," katanya.

Meski "kebanjiran" nasabah setoran, menurut Edhi, di seluruh cabang-cabang Bank Mandiri di wilayahnya tidak terlihat adanya lonjakan transaksi yang cukup tajam. Jumlah transaksi kurang lebih sama dengan hari-hari biasanya.

Bank Panin Makassar juga mencatat dominasi transaksi jenis setoran di hari pertama operasional bank. Meski begitu, transaksi maupun kunjungan nasabah juga masih dalam taraf normal seperti hari-hari biasanya.

BERITA TERKAIT

"Kemungkinan karena masih banyaknya pelaku usaha yang masih liburan dan menggunakan fasilitas internet banking dalam melakukan aktivitas perbankan," kata Deputy Branch Manager Bank Panin KCU Makassar, A Hudli Huduri.

Menanggapi tren transaksi perbankan, Pengamat Ekonomi dari Unhas, Muhammad Syarkawi Rauf, mengatakan, peningkatan jumlah setoran menjelang lebaran dan arus balik dana setelah lebaran merupakan siklus tahunan yang memang terjadi setiap Ramadan dan lebaran (business cycle).

Jumlah dana pihak ketiga (DPK) perbankan pascalebaran setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan. "Dan peningkatan terbesar simpanan masyarakat adalah untuk jenis tabungan. Sementara itu, untuk Deposito dan Giro, jumlahnya tidak signifikan," katanya.

Dikatakan, setoran bank pada umumnya terjadi di akhir pekan menjelang lebaran dari para distributor dan retailer. Tidak mengherankan jika pada umumya bank melayani transaksi bahkan di hari libur sekalipun (weekend bank) khusus untuk setoran dari pedagang di pasar-pasar, seperti Pasar Butung.

Sumber: Tribun Timur
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas