Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Penumpang Kapal Pelni Naik 30 Persen

Upaya PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) terus memperbaiki pelayanan, terbukti menambah kepercayaan masyarakat.

zoom-in Penumpang Kapal Pelni Naik 30 Persen
TRIBUN KALTIM/NEVRIANTO HARDI PRASETYO
Sekitar 2.100 penumpang naik dan turun dari KM Binaiya dan KM Prince Soya tujuan Samarinda-Parepare di Pelabuhan Samarinda, Kalimantan Timur, Kamis (23/8/2012). 

Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Niko Ruru

TRIBUNNEWS.COM, NUNUKAN - Upaya PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) terus memperbaiki pelayanan, terbukti menambah kepercayaan masyarakat untuk menggunakan armada kapal laut milik badan usaha milik negara (BUMN).

Manajer PT Pelni Cabang Nunukan Patoh Sembiring mengatakan, penumpang mudik Idul Fitri 1433 Hijriah yang menggunakan armada milik PT Pelni dari Pelabuhan Tunon Taka Nunukan menuju ke sejumlah wilayah di Indonesia, meningkat hingga 30 persen ketimbang tahun lalu.

“Mungkin arus baliknya juga begitu. Mobilisasi saudara-saudara kita dari Kalimantan ke Jawa maupun Sulawesi, sudah percaya armada PT Pelni karena tepat waktu, performance-nya juga kelihatan. Kedatangan maupun keberangkatan sudah sesuai jadwal yang ditetapkan,” ujarnya.

Patoh mengungkapkan, KM Tidar yang Kamis (23/8/2012) malam berangkat dari Nunukan tujuan Pare Pare-Makassar-Larantuka, mengangkut sekitar 900 penumpang. Sementara, jumlah penumpang yang datang dari Pare Pare-Balikpapan-Tarakan sekitar 700 penumpang.

“Kelihatan, saudara kita mulai balik lagi ke Nunukan dan sekitarnya,” imbuhnya.

Masih tingginya jumlah penumpang pengguna armada PT Pelni, juga diperkirakan terjadi pada Senin (27/8/2012) sekitar pukul 17.00, saat kedatangan KM Bukit Siguntang.

BERITA TERKAIT

Jumlah penumpang yang datang ke Nunukan diperkirakan lebih 700 orang. Kapal ini mengangkut penumpang yang berasal dari Makassar-Bau Bau-Makassar-Balikpapan-Tarakan, menuju ke Nunukan.

Kapal tersebut diprediksi banyak mengangkut penumpang asal Sulawesi Selatan, yang selesai menikmati liburan dan cuti Lebaran di kampung halaman masing-masing.

“Kemudian yang satu lagi, tanggal 31 Agustus, kemungkinan saudara-saudara kita dari Jawa akan ikut KM Umsini. Diperkirakan tiba di Nunukan jam 8 malam,” ungkapnya.

KM Umsini berangkat dari Surabaya tujuan Makassar-Pare Pare-Balikpapan-Pantoloan- Toli Toli-Tarakan, dan berakhir di Nunukan.

Untuk melayani arus mudik dan balik Idul Fitri tahun ini, PT Pelni Cabang Nunukan menyiapkan tiga armada kapal laut, masing-masing KM Tidar, KM Bukit Siguntang, dan KM Umsini dengan berbagai tujuan. Persiapan mudik ini sudah dilakukan sejak memasuki Ramadan 1433 Hijriah. (*)

BACA JUGA

Sumber: Tribun Kaltim
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas