Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Pemilihan Gubernur DKI

DPRD Solo Sepakati Pengunduran Diri Jokowi

seluruh anggota seluruh anggota DPRD Solo yang memenuhi Graha Paripurna saat rapat paripurna

DPRD Solo Sepakati Pengunduran Diri Jokowi
TRIBUNNEWS.COM/DANY PERMANA
Walikota Solo yang telah memenangi Pilkada DKI Jakarta, Joko Widodo atau Jokowi (kanan), bersalaman dengan Ketua KPU Provinsi Jakarta, Dahlia Umar (tengah), sesaat sebelum pengumuman resmi KPUD terkait hasil pilkada DKI, di Kantor KPUD, Jakarta, Sabtu (29/9/2012). 

Laporan Wartawan Tribun Jogja, Ikrob Didik Irawan

TRIBUNNEWS.COM, SOLO – “Sepakat,” ujar seluruh anggota seluruh anggota DPRD Solo yang memenuhi Graha Paripurna saat rapat paripurna membahas usulan pemberhentian Joko Widodo (Jokowi) sebagai Wali Kota Solo. Satu kata itulah yang terdangar saat Ketua DPRD Solo YF Soekasno yang bertidak sebagai pimpinan rapat menanyakan apakah seluruh anggota Dewan menyetujui usulan pengunduran diri Jokowi.

Tak ada satupun legislator dari enam fraksi di DPRD yang menolak seperti banyak dikhawatirkan sebelumnya. Kata sepakat itu langsung disambut tepuk tangan riuh dari para anggota dewan dan pengunjung sidang lainnya. “Syukurlah semua sudah sepakat, jadi sidang ini sudah selesai,” kata Soekasno sambil menengadahkan tangan ke atas, Senin (1/10/2012) malam.

Lewat kata sepakat itulah, DPRD Solo memutuskan menyetujui usulan pengunduran diri Jokowi sebagai Wali Kota Solo karena terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta. Selain itu, para wakil rakyat juga menyetujui usulan pengangkatan Wakil Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo (Rudi) menjadi Wali Kota menggantikan Jokowi. “Hasil rapat ini akan dikirimkan ke Mendagri melalui Gubernur Jateng,” katanya.

Dari 40 orang anggota DPRD Solo, sebanyak 35 orang menghadiri rapat. Sedangkan 5 orang sisanya berhalangan hadir karena sakit dan menunaikan ibadah haji. Kursi Wakil Wali Kota Solo, Rudi juga terlihat kosong karena yang bersangkutan berhalangan hadir.

Ikuti kami di
Editor: Hendra Gunawan
Sumber: Tribun Jogja
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas