Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Pemilihan Gubernur DKI

DPRD Solo Terima Surat Mundur Jokowi

Surat pengunduran diri Joko Widodo (Jokowi) sebagai Wali Kota Solo telah sampai ke DPRD Solo, Senin (1/10/2012) siang.

DPRD Solo Terima Surat Mundur Jokowi
TRIBUNNEWS.COM/DANY PERMANA
Walikota Solo yang telah memenangi Pilkada DKI Jakarta, Joko Widodo atau Jokowi, menjawab pertanyaan jurnalis disela silaturahminya ke KPUD Provinsi Jakarta, sesaat sebelum pengumuman resmi KPUD terkait hasil pilkada DKI, di Kantor KPUD, Jakarta, Sabtu (29/9/2012). Pasangan Jokowi-Ahok memenangi putaran pilkada Jakarta, setelah mengungguli pasangan incumbent Foke-Nara. TRIBUNNEWS/DANY PERMANA 

Laporan Wartawan Tribun Jogja, Ikrob Didik Irawan

TRIBUNNEWS.COM, SOLO - Surat pengunduran diri Joko Widodo (Jokowi) sebagai Wali Kota Solo telah sampai ke DPRD Solo, Senin (1/10/2012) siang. Surat dikirim langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Solo Budi Suharto yang datang seorang diri mewakili Jokowi.

Mengenakan jas hitam-hitam, Budi tiba di kantor wakil rakyat sekitar pukul 10.30 WIB. Tangannya menggenggam sebuah map bermotif batik yang berisi surat pengunduran diri berikut lampiran hasil rekapitulasi penghitungan suara yang memenangkan Jokowi-Basuki dari KPU DKI Jakarta.

"Saya datang ke sini atas nama Wali Kota Solo untuk menyerahkan surat pengunduran diri (Jokowi). Pak Wali Kota berhalangan hadir karena ada agenda lain," kata Budi.

Meski tak hadir langsung menyerahkan surat, Budi menilai bukan berarti wali kota tak menghormati dewan.

Menurut Budi, dikirimnya surat tersebut lebih awal agar proses administrasi lebih cepat selesai. Sebab, setelah dikirim, surat tadi akan mengalami sejumlah pembahasan hingga ke tingkat Mendagri.

"Setelah dinyatakan sebagai pemenang oleh KPU Sabtu lalu, ada tenggat waktu 3 hari. Surat ini dikirim lebih cepat bukan karena curi start, tapi karena pertimbangan administrasi," katanya.

Kedatangan Budi disambut oleh Supriyanto, Wakil Ketua DPRD Solo. Supriyanto datang menyambut mewakili Ketua DPRD Solo YF Soekasno yang juga ada agenda lain. Serah terima surat tersebut dilakukan di ruang kerja Ketua DPRD.

"Saya mewakili Ketua DPRD menerima surat pengunduran diri Wali Kota ini. Selanjutnya akan kami proses sesuai aturan," kata Supriyanto.

Baca Juga:

Ikuti kami di
Editor: Dewi Agustina
Sumber: Tribun Jogja
  Loading comments...

Produk Populer

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas