Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Polisi Duga OPM Dalang Penyerangan Mapolsek Pirime

Organisasi Papua Merdeka (OPM) diduga menjadi aktor di balik penyerangan Mapolsek Pirime, Lani Jaya, Papua.

Penulis: Adi Suhendi
zoom-in Polisi Duga OPM Dalang Penyerangan Mapolsek Pirime
NET
ILUSTRASI 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Organisasi Papua Merdeka (OPM) diduga menjadi aktor di balik penyerangan Mapolsek Pirime, Lani Jaya, Papua.

"Segala sesuatu bisa saja (dilakukan OPM), tapi yang jelas faktanya seperti itu. Mereka menggunakan senjata api dan melakukan penyerang. Bukan hanya menciderai dan membunuh, membakar, tapi juga merampas senjata api," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Boy Rafli Amar di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (27/11/2012).

Untuk menghindari hal serupa, lanjutnya, kesiagaan di mapolsek dan pos-pos terdepan yang memilki kekuatan kecil, akan ditingkatkan.

Menurut Boy, motif penyerangan bisa dilihat dari adanya perampasan senjata. Kelompok itu jelas sedang mengumpulkan senjata.

"Kami tahu, orang-orang memerlukan senjata api untuk menyerang, melakukan kekerasan, dan aksi perampasan," imbuh Boy.

Aspek geografis dan aspek waktu saat menyerang, menjadi tantangan tersendiri dalam menghadapi kelompok bersenjata di Papua. Para pelaku biasanya memanfaatkan waktu-waktu saat polisi tidak siap.

"Upaya-upaya ini umumnya dilakukan secara sporadis, dan mereka melarikan diri di daerah-daerah yang sulit dijangkau, di dataran tinggi yang tidak mudah untuk dilakukan pengejaran-pengejaran," ungkap Boy.

BERITA TERKAIT

Penyerangan yang disertai pembakaran terhadap Mapolsek Pirime, terjadi pada pukul 05.00 WIT.

Saat itu, di dalam mapolsek ada empat personel. Tiga orang meninggal dunia, termasuk kapolsek, dan satu orang berhasil selamat. (*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas