Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Rp 247 M Untuk Dana Pilgub Kaltim 9 September 2013

Dana penyelenggaraan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kaltim 2013 akhirnya disetujui Rp 247 miliar

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Rp 247 M Untuk Dana Pilgub Kaltim 9 September 2013
Tribun Manado/Rizky Adriansyah
Masyarakat menggunakan hak pilihnya dengan mendatangi Tempat Pemungutan Suara 

TRIBUNNEWS.COM, SAMARINDA - Dana penyelenggaraan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kaltim 2013 akhirnya disetujui Rp 247 miliar dalam APBD murni 2013. Berkurang sedikitnya Rp 50 miliar dari usulan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kaltim sebelumnya yang mencapai Rp 297 miliar. Dan persetujuan Rp 247 miliar itu juga, ternyata sudah termasuk jika Pilgub nantinya terjadi dua putaran.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Komisi I DPRD Kaltim Syaparuddin, kemarin. Menurutnya, pihaknya sudah melalukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) langsung dengan KPUD untuk mengkoordinasikan dan mengevaluasi secara menyeluruh pelaksanaan Pilgub yang sudah tinggal beberapa bulan ke depan lagi. Intinya dengan anggaran itu, KPUD dapat menerimanya.

"Kita sudah koordinasikan dengan mereka (KPUD, red), pada prinsipnya tak ada masalah, karena dari awal kita sudah sepakat dan berkomitmen, tak akan mempersoalkan berapapun anggarannya, yang terpenting bagaimana Pilgub dapat terselenggara dengan lancar dan sukses," kata Syaparuddin.

Menurutya, Pilgub merupakan hajatan lima tahunan bersama seluruh masyarakat Kaltim terutama para pemangku kepentingan, karena itu sudah komitmen bersama pula untuk menyukseskannya apapun yang terjadi. Sebab Pilgub yang poin utamanya memilih pemimpin Kaltim lima tahun ke depan, akan sangat menentukan masa depan  Kaltim lima tahun ke depan tersebut.

"Jadi komitmen kita bersama pula untuk menyelenggarakannya. Nah soal anggaran, apakah itu berkurang dari usulan KPUD yang diusulkan Rp 297 miliar, hanya menjadi Rp 247 miliar, saya pikir tidak perlu dibesar-besarkan, karena semua dalam menetapkan pasti ada perhitungan dan proses asistensinya," ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, tak perlu ada kekhawatiran Pilgub tak terselenggara karena persoalan kurangnya anggaran. Pilgub yang digelarnya tanggal 10 September atau tepatnya tahapan penyoblosannya, masih ada waktu untuk bisa masuk anggarannya dalam APBD Perubahan 2013.

"Kalau kurang, masih bisa diusulkan atau dimasukkan di APBD perubahan, jadi sekali lagi jangan khawatir soal anggaran, karena kita semua sudah komitmen untuk menyukseskan Pilgub tersebut. Karenanya kami juga mengimbau kepada masyarakat, mari kita sukseskan Pilgub bersama-sama," tambahnya. (Tribun Kaltim/aid)

BERITA TERKAIT

Baca juga:


Sumber: Tribun Kaltim
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas