Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Syahrul: Hargai Putusan MK

Gubernur terpilih Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo berharap agar apapun yang menjadi keputusan Mahkamah

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Syahrul: Hargai Putusan MK
Syahrul Yasin Limpo 

TRIBUNNEWS.COM, MAKASSAR -- Gubernur terpilih Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo berharap agar apapun yang menjadi keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) pada sidang putusan yang digelar, Selasa (26/2/2013) mendatang dapat dihormati serta dihargai.

"Kami berharap seluruh elemen masyarakat Sulsel tanpa terkecuali bisa menghargai apa yang menjadi putusan final MK terhadap sengketa pilkada Sulsel Januari lalu," Kata Syahru Yasin Limpo saat dikonfirmasi, Minggu (24/2/2013).

Diketahui, pelaksaan sidang putusan mengenai sengketa pilkada Sulsel yang dilayangkan oleh pihak pemohon dalam hal ini Ilham Arief Sirajuddin-Aziz Qahhar Mudzakkar diagendakan akan berlangsung, Selasa (26/2/2013) sekitar pukul 16.00 wib di MK.

Sehingga diharapkan proses pembacaan putusan sela yang akan dibacakan langsung oleh Ketua MK Mahfud MD bisa berjalan lancar tanpa ada gangguang apapun termasuk riak-riak dari relawan.

"Kita berharap semuanya bisa berjalan dengan lancar dan damai tanpa ada hambatan apapun. Dan apapun hasil yang diputuskan MK, hal itu bisa diterima oleh pihak manapun termasuk penggugat," ujarnya.

Dia menilai, pada proses pilgub Sulsel lalu, pasangan Sayang tidak hanya menang pada hasil Quick Count yang digelar lembaga survei yakni Jaringan Suara Indonesia (JSI).

Melainkan kemenangan tersebut juga diperkuat dengan adanya hasil perhitungan real count. Baik yang dilakukan tim pemenangannya maupun pihak KPU Sulsel sebagai penyelenggara pemilihan umum.

BERITA TERKAIT

Dimana, kata Bupati Gowa dua periode itu, bahwa kemenangan yang diraihnya jauh terpaut dengan suara kandidat atau rival politiknya yang mencapai 500 ribu suara. "Soal hasil itu, MK juga sudah tahu," terangnya.

Mengenai dugaan adanya pelanggaran yang dialamatkan kepada pihak pemenangan bahwa adanya dugaan pelanggaran yang dilakukan secara sitematis, terstruktur dan massif.

Selaku penyelenggara pemilihan umum dalam hal ini KPU juga telah menjalankan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Olehnya itu, Syahrul meminta agar kiranya apa yang menjadi gugatan atau persoalan yang disengketakan tetap menunggu hasil keputusan MK. "Namun yang pasti semuanya bisa menerima apapun hasil akhirnya nanti," ujarnya.

Gubernur Sulsel ini mengatakan, setelah ini, pihaknya akan kembali fokus menjalankan tugasnya sebagai orang nomor satu di Sulsel.

Karena dirinya menilai bahwa apa yang dikerjakan selama ini merupakan untuk kepentingan rakyat. Dia juga menilai, kemenangan yang ia peroleh beberapa waktu lalu merupakan kemenangan rakyat Sulsel atau kemanangan kita semua. "Karena itu apapun yang menjadi hasil akhir lusa, jangan ada pihak yang gontok-gontokan, karena tujuan kita hanya satu yakni demi kepentingan rakyat Sulsel," tandasnya.

Baca juga:

Sumber: Tribun Timur
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas