Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dirjen Bimas Islam Minta Prosesi Ijab Qabul Di KUA

meminta kepada masyarakat yang ingin melakukan prosesi ijab qabul agar sebaiknya melaksanakannya di balai nikah Kantor URUSAN Agama (KUA) Kecamatan.

Editor: Budi Prasetyo
zoom-in Dirjen Bimas Islam Minta Prosesi Ijab Qabul Di KUA
Prof. Dr. H. Abdul Djamil, MA Dirjen Bimas Islam 

Laporan Wartawan Tribun Timur Won

TRIBUNNEWS.COM  SUNGGUMINASA,- Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama  RI, Prof. Dr. H. Abdul Djamil, MA meminta kepada masyarakat yang ingin  melakukan prosesi ijab qabul agar sebaiknya melaksanakannya di balai nikah Kantor URUSAN Agama (KUA) Kecamatan.

Hal ini dia sampaikan saat melakukan kunjungan kerja pada KUA Kecamatan Sombaopu Gowa, Rabu (8/5/2013).




Prof Abdul Djamil ingin mengetahui lebih jauh tentang persoalan yang
menyangkut tugas dan fungsi KUA di lapangan. Termasuk kurangnya minat  masyarakat menikah di balai nikah dibandingkan di rumah atau masjid.  Apakah fenomena ini terjadi karena adat atau budaya masyarakat  Sulawesi atau karena balai nikah kurang “bergengsi” bagi masyarakat
sehingga mereka lebih memilih menikah di rumah.

Menanggapi hal tersebut, Kasi bimas Islam Makassar, H. Tompo  mengatakan bahwa masih sulit mengajak masyarakat menikah di balai  nikah karena dua alasan. Pertama, orang yang menikah di balai nikah
umumnya dianggap “orang yang bermasalah”, kedua, tradisi dan adat  perkawinan di Sulawesi yang pada umumnya merasa lebih terhormat jika  mengadakan akad nikah di rumah atau di masjid dibandingkan di balai nikah KUA.

Senada yang disampaikan Kabid Urais dan Pembinaan Syariah, H. Kaswad Sartono, bahwa menikah di balai nikah bagi masyarakat Sulawesi Selatan  masih membutuhkan kajian yang mendalam karena terkait adat dan budaya  masyarakat setempat.

Kunjungan Dirjen kali ini dalam rangka follow up penyelesaian Kantor Urusan Agama (KUA), Penyuluh, Penghulu dan pembantu pegawai pencatat  nikah (P3N) di Sulawesi Selatan. Selain KUA Somba Opu, Dirjen juga  mengunjungi dua KUA lagi di Makassar, KUA Kecamatan Tamalanrea dan KUA  Kecamatan Bontoala.(Won)

BERITA TERKAIT
Sumber: Tribun Timur
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas