Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kakek 66 Tahun Semangat Ikuti Ujian Panwascam

Seorang kakek berusia 66 tahun, Soenarko terlihat telaten mengerjakan lembar-lembar soal di hadapannya.

Editor: Budi Prasetyo
zoom-in Kakek 66 Tahun Semangat Ikuti Ujian Panwascam
seleksi tertulis Pantia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) di Kantor Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) 

TRIBUNNEWS.COM YOGYA,  - Seorang kakek berusia 66 tahun, Soenarko terlihat telaten mengerjakan lembar-lembar soal di hadapannya. Beserta 86 peserta lainnya, Soenarko mengikuti seleksi tertulis Pantia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) di Kantor Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Yogyakarta, Minggu (12/5) mulai pukul 09.15 hingga 11.15 WIB.

"Ingin menambah wawasan dan pengalaman di masa pensiun," ujar pensiunan guru tersebut usai mengikuti ujian.

Meski sudah berusia lanjut, warga Jatimulyo Baru, Tegalrejo tersebut mengaku sudah beberapa kali terlibat sebagai Panitia Pemungutan Suara (PPS) di wilayahnya, sehingga ia sedikit banyak telah memiliki wawasan tentang Pemilu.

Selain Soenarko, masih ada delapan orang peserta seleksi Panwascam yang berusia lebih dari 60 tahun. Sedangkan peserta paling muda berusia 25 tahun.

Meski demikian, Ketua Panwaslu Kota Yogyakarta, Agus Triatno tidak mempermasalahkan faktor usia tersebut. "Secara fisik mereka masih sehat. Lagipula, mereka yang telah berusia lanjut ini justru lebih berpengalaman," ujar Agus dijumpai di sela proses seleksi.

Data Panwaslu Yogyakarta menyebutkan dari total 87 peserta ujian yang hadir, 43 persen diantaranya berpengalaman dalam kepengurusan Panwascam, dan 57 persen peserta belum berpengalaman. Sebagian besar pesertanya merupakan pria dengan latar belakang pendidikan S1. Sedangkan sisanya berlatar belakang pendidikan SMA, Diploma dan S2.

Usai menjalani proses seleksi tertulis, pengumuman akan disampaikan Panwaslu pada 16 Mei 2013, kemudian dilanjutkan tes wawancara pada 20 hingga 22 Mei 2013. Sayangnya, sebagian kecamatan ternyata belum memenuhi kuota minimal sebanyak enam peserta yang mengikuti tes wawancara. Beberapa kecamatan yang kuoatanya telah melebihi enam orang antara lain Gondokusuman, Mantrijeron, Keraton, Kota Gede, Gedong tengen dan Umbulharjo. Sedangkan kecamatan lainnya masih kurang. Misalnya saja kecamatan Jetis yang hanya mendaftarkan tiga peserta.

BERITA TERKAIT

"Bagi kecamatan yang minim, akan dilakukan perpanjangan seleksi khusus di kecamatan tersebut," imbuh Agus.

Usai tes wawancara, Panwaslu akan menetapkan 42 calon terpilih Panwascam pada 23 Mei 2013, dan diumumkan ke publik pada 24 Mei 2013. Sesuai tata kalanya, 42 anggota Panwascam yang terpilih akan dilantik pada 3 Juni 2013 untuk membantu mengawasi proses pemutakhiran data pemilih dan memantau proses penyelenggaraan Pemilu di tingkat kecamatan. (esa)

Sumber: Tribun Jogja
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas