Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Doa Bersama, Ziarah, dan Konsolidasi

SEHARI menjelang pencoblosan, Sabtu (18/5/2013), para pasangan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Bandung

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Doa Bersama, Ziarah, dan Konsolidasi
NET
ILUSTRASI 

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG --  SEHARI menjelang pencoblosan, Sabtu (18/5/2013), para pasangan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Bandung Barat (KBB) melakukan aktivitas masing-masing.

Umumnya mereka melakukan acara doa bersama sambil bersantai bersilaturahmi dengan keluarga dan warga sekitar atau beristirahat di rumah. Namun ada juga yang masih menyempatkan diri untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan profesiinya.

Cabup pasangan nomor 3, Djamu Kertabudi, misalnya, sejak pagi hingga siang masih menyempatkan diri untuk menjadi penguji sidang mahasiswa S2 di Kampus Universitas Nurtanio (Unur), Jalan Pajajaran, Bandung. "Saya tetap menjalaninya karena itu sudah menjadi kewajiban dan tanggung jawab saya sebagai dosen tetap di sana," kata Djamu kepada Tribun, Sabtu (18/5). Sore hingga malamnya sebelum Pilkada Bandung Barat, Djamu hanya memanfaatkan waktu luangnya bersama keluarga.




Ditanya apakah akan ada momen khusus melakukan doa bersama keluarga atau warga sekitar, Djamu mengatakan, berdoa itu sudah menjadi kebiasaannya setiap hari. Bahkan acara doa bersama atau istigasah juga pernah dilakukannya ketika masa kampanye.

Djamu, yang terlihat tenang dalam menjalani sehari menjelang pencoblosan, pun mengaku tidak terpengaruh dengan pemberitaan media yang kemarin ramai memberitakan soal tersebarnya undangan mencoblos kepada warga di kawasan Ngamprah. Rencananya, Djamu akan mencoblos di TPS 002 Madrasah Nururrohman Kampung Andir RT 01/02, Desa Campakamekar, Kecamatan Padalarang.

Calon wakilnya, Agus Yasmin, tidak mendapat surat undangan untuk mencoblos karena masih berdomisili di Kabupaten Bandung. Kemarin, ia hanya mengecek ke lapangan menemui tim-tim relawan pendukung JK-AY.

Cabup pasangan nomor 4, Erni Ernawan, memanfaatkan waktu sehari sebelum pencoblosan dengan melakukan ziarah makam dan doa bersama di rumahnya di Kampung Sukatani, Desa Cililin, Kecamatan Cililin. Ziarah makam kepada kerabat dan sepuh-sepuhnya yang sudah meninggal itu dilakukan sejak pagi hingga siang di kawasan Cililin yang merupakan kampung halamannya.

BERITA TERKAIT

"Malamnya, setelah magrib kami melakukan doa bersama dengan mengundang para tetangga saja," kata Erni, yang akan mencoblos di TPS 007 Kampung Sukatani, Desa Cililin, Kecamatan Cililin.

Cawabup dari pasangan nomor urut 4, Samsul Maarif, mengisi waktu sehari sebelum pencoblosan dengan melakukan doa bersama di rumahnya bersama keluarga. Samsul akan menyalurkan hak pilihnya di TPS 12  RT 03 RW 08 Desa Kertajaya, Kecamatan Padalarang.

Istirahat di rumah juga dilakukan cabup nomor urut 2, Aep Nurdin. Menurut Ketua Tim Pemenangan Asih, Gunawan Kartiwa, seharian kemarin Aep berada di rumahnya di Kecamatan Cihampelas, sambil bersilaturahmi bersama para kiai dan ustaz. Selain itu, Aep menggelar doa bersama untuk kelancaran serta pemenangan pasangan tersebut, pada hari pencoblosan.

"Kalau Pak Haji Kosasih hari ini (kemarin) cukup sibuk. Beliau banyak menerima tamu dan tim sukses serta masyarakat. Kalau tim sukses sekalian laporan menjelang hari pencoblosan," ujar Gunawan kepada Tribun.(ddh/zam)

Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas