Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Besok CAPDI Tandatangani Perjanjian Makassar

Agenda Konferensi CAPDI ke II besok, Selasa (21/5/2013) dijadwalkan akan menggelar penandatanganan kesepakatan

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Besok CAPDI Tandatangani Perjanjian Makassar
TRIBUN TIMUR/MUTMAINNAH AMRI
Tokoh nasional Jusuf Kalla (JK) didampingi Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo menjemput peserta Centrist Asia Pacific Democrats International (CAPDI) di bandara lama Sultan Hasanuddin, Mandai, Maros, Minggu (19/5/2013). JK menggunakan batik bernuansa merah. 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Hajrah

TRIBUNNEWS.COM, MAKASSAR - Agenda Konferensi CAPDI ke II besok, Selasa (21/5/2013) dijadwalkan akan menggelar penandatanganan kesepakatan deklarasi perjanjian Makassar.

Sebelum konferensi perjanjian Makassar ini digelar, para delegasi dari berbagai negara menggelar Plenary Session di Alamanda Ballroom Hotel Aryaduta Makassar, Senin (20/5/2013).

Plenary session dibagi menjadi beberapa sesi yakni sesi pertama membahas Best Practices and Lesson Learned from the Region in Peace-making (Praktek dan upaya terbaik yang diterapkan dari daerah dalam membuat agenda perdamaian), sesi kedua membahas Peace from other Perspectives (perdamaian dari berbagai perspektif) dan sesi ketiga membahas Uniting Efforts
to Fight Climate Change (upaya menyatukan perdamaian dalam memerangi perubahan iklim).

Panitia penyelenggara lokal, Iwan Zulkarnain mengatakan hasil dari plenary session tersebut yang kemudian akan dirangkum dalam butir-butir perjanjian Makassar.

"Pak JK sengaja memilih Makassar, sebagai pusat deklarasi perjanjian, mengingat sejarah sebelumnya telah ada beberapa perjanjian yang lahir di kota Makassar. Sebut saja  perjanjian Malino," jelas Iwan.

Menurut Iwan, Chairman CAPDI Jusuf Kalla sangat berharap poin-poin perjanjian tersebut dapat melahirkan poin penting untuk diteruskan ke pemimpin negara se-Asia Pasifik.

BERITA TERKAIT
Sumber: Tribun Timur
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas