Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

287 Calon Haji asal Cianjur Gagal Terbang ke Mekah

Pemangkasan itu akibat adanya kebijakan dari Arab Saudi, kuota jamaah haji dari Indonesia dikurangi 20 persen

Editor: Fajar Anjungroso
zoom-in 287 Calon Haji asal Cianjur Gagal Terbang ke Mekah
Pemberangkatan Kloter hagi dengan pesawat 

TRIBUNNEWS.COM, CIANJUR – Sedikitnya 287 calon haji di Kabupaten Cianjur dipastikan tidak bisa berangkat menunaikan ibadah haji di Mekah pada tahun ini.

Hal itu dikatakan Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Cianjur, Hipmi, Senin (17/6).

"Pemangkasan itu akibat adanya kebijakan dari Arab Saudi, kuota jamaah haji dari Indonesia dikurangi 20 persen termasuk Kabupaten Cianjur. Dan jumlah itu telah disosialisasikan dari pusat," kata Hipmi kepada Tribun melalui ponselnya.

Seperti diketahui, Masjidil Haram di Arab Saudi masih direnovasi khususnya di lantai dua dan tempat tawaf. Pemerintah Arab Saudi kemudian membatasi kuota jamaah haji semua negara termasuk Indonesia. Pemberitahuan soal pengurangan kuota itu disampaikan Arab Saudi melalui surat tanggal 6 Juni 2013.

Adapun isi surat itu, yakni pembatasan kuota jamaah haji guna menjaga keselamatan jamaah haji dari seluruh dunia saat menjalankan ibadah haji. Lokasi tawaf yang biasanya bisa menampung 48 ribu jamaah calon haji per jam kini hanya mampu menampung 22 ribu jamaah per jam.

BERITA TERKAIT
Tags:
Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas