Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ledakan di DPRD Jateng Sempat Dikira Sabotase

Pelaksana Tugas (plt) Ketua DPRD Jateng Rukma Setyabudi sempat mengira ledakan di kantornya merupakan

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Ledakan di DPRD Jateng Sempat Dikira Sabotase
Tribun Jateng/Wahyu Sulistiyawan
Tim Laboratorium Forensik Polda Jateng menyelidiki lokasi ledakan di belakang gedung DPRD Jateng, Jalan Pahlawan, Kota Semarang, Jateng, Minggu (30/6/2013) malam. Ledakan yang terdengar lebih dari satu kali di lokasi saluran air ini terjadi pada pukul 17.15 hingga 19.30 dan masih dalam proses penyelidikan. (Tribun Jateng/Wahyu Sulistiyawan) 

Laporan Wartawan Tribun Jogja, Bakti Buwono

TRIBUNNEWS.COM, SEMARANG - Pelaksana Tugas (plt) Ketua DPRD Jateng Rukma Setyabudi sempat mengira ledakan di kantornya merupakan sabotase. Apalagi kabar yang didengarnya ledakan berlangsung berkali-kali.

"Apa sabotase? Ternyata tidak, dan kecelakaan akibat kecerobohan dari fumigasi," ujarnya saat ditemui Tribun Jogja (Tribunnews.com Network) di kantornya, Senin (1/7/2013).

Yang dimaksudnya fumigasi adalah pengasapaan ruangan agar bebas dari hama. Sebelumnya ada fumigasi di lantai III. Mungkin, sisa obat kimia berupa tablet atau kapsul bereaksi secara kimia seperti karbit. Ia mengistilahkan seperti 'mercon bumbung'.

Tablet berisi cairan kimia itu bereaksi dengan air hingga membuat beberapa kali ledakan. Saat itulah ia dikabari ketika sedang di Jateng Selatan. Kabarnya pun bermacam-macam, paling ekstrem adalah isu peledak yang hilang. Rukma sempat khawatir jika ledakan itu menimbulkan situasi yang tidak kondusif bagi masyarakat Jateng.

"Jika masyarakat jateng resah maka produktivitas mereka akan menurun. Investor pun takut masuk ke Jateng," jelasnya.

Hal senada diungkapkan, Kabag Humas setwan DPRD Jateng Rani Ratnaningdyah. Bahkan, bos perusahaan fumigasi yaitu Veromon, bernama Doni juga dimintai keterangan pihak kepolisian. Selama dua minggu ini, Fumigasi dilakukan di gedung DPRD Jateng.

BERITA TERKAIT
Sumber: Tribun Jogja
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas