Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pasar Asing Menahan Pembelian Karet Jambi

Pasar asing menahan pembelian karet slab dari Indonesia, termasuk produksi Jambi

Editor: Budi Prasetyo
zoom-in Pasar  Asing Menahan  Pembelian Karet Jambi
Getah karet 

Laporan wartawan Tribun Jambi, Hendri Dede Putra

TRIBUNNEWS.COM, JAMBI – Pasar asing menahan pembelian karet slab dari Indonesia, termasuk produksi Jambi. Imbasnya, harga komoditas andalan itu pekan ini mengalami penurunan. Petani pun terpukul dengan rendahnya harga karet.

Kabid Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Provinsi Jambi, Filda Deviarni menyebutkan harga karet kualitas 100 persen Singapura mengalami penurunan dari Rp 20 ribu menjadi Rp 18.900 per kilogram dibanding bulan sebelumnya.




"Harga karet dunia saat ini Rp 18.900 per kg mengalami penurunan," ujarnya kepada Tribun, Senin (8/7).

Sekretaris Gapkindo Jambi, Hatta mengatakan anjloknya harga karena permintaan negara konsumen terhadap karet jenis slab bersih kadar karet kering (KKK) melemah. Negara tujuan ekspor karet Cina dan Jepang sudah memperlambat pembelian, sementara Gapkindo terus membeli karet produksi petani.  "Kita lihat di pabrik sudah penuh, pembelian lamban, jadi harga anjlok," klaimnya.

Ironisnya, harga di tingkat petani justru sangat jatuh. Dia menyebutkan di tingkat petani harga karet sudah ada yang dibeli Rp 4 ribu per kilogram oleh pengumpul. Padahal saat harga karet stabil bisa dibeli Rp 9 ribu sampai Rp 11 ribu tiap kilogramnya. "Kalau harga jual pabrik berdasarkan harga karet dunia Rp 19 ribu per kg," timpalnya.

"Menurut analisa harga karet sulit mengalami kenaikan, kita sudah kontrak jual dengan Cina dan Tokyo. Mereka susah diprediksi. Sekarang kita bertahan agar pabrik tetap beli," ujar Hatta.

BERITA TERKAIT

Menyikapi rendahnya harga ini, Gapkindo berharap dan mendukung pemerintah untuk lebih cepat membentuk Bursa Karet Indonesia (BKI). Dengan lembaga itu, ia bilang, nantinya harga karet akan bisa ditentukan oleh pemerintah. Untuk harga selama ini berpedoman pada harga Tokyo Comunitas (Tocom), Singapura komunitas dan bursa Shanghai. "Mudah-mudahan tahun ini segera tercipta oleh pemerintah melalui Kementerian Perindustrian dan Perdagangan,” ucapnya.

Dengan kehadiran BKI diharapkan harga karet di tingkat petani akan bisa bersaing di pasaran. Dengan catatan karet petani benar-benar bersih atau tak ada campuran. "Kadang kadar bersih karet petani 50 persen, jadi harganya biasanya Rp 9 ribu dibeli pengumpul  Rp 4 ribu," ucapnya.

Disisi lain lanjutnya, kenaikan harga BBM terasa pada biaya operasional pabrik karet milik Gapkindo. Karena biaya operasional bertambah dan harga karet menurun. "Ini sudah mulai terasa, kita prediksi harga fluaktuasi sampai Desember 2013 ini," ucap Hatta.

Sementara itu terkait ekpor karet Jambi, dikatakan Hatta mengalami penurunan sampai 1 persen pada pertengahan tahun ini. Mengacu data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi ekspor  sektor industri Jambi untuk karet dan arang mengalami penurunan. Karet olahan menurun 24,71 persen dan arang turun 76,46 persen. "Ini dibandingkan dengan periode Mei 2013 dengan Mei 2012," kata Kepala BPS Provinsi Jambi Yos Rusdianyah. (hdp)

Tags:
Sumber: Tribun Jambi
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas