Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pangkalpinang Kirim Gelandangan ke Jakarta

Pemerintah Kota Pangkalpinang berencana mengirim gelandangan setempat yang terjaring razia ke DKI Jakarta.

zoom-in Pangkalpinang Kirim Gelandangan ke Jakarta
Ilustrasi - Gelandangan 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Iskandar

TRIBUNNEWS.COM, BANGKA - Pemerintah Kota Pangkalpinang berencana mengirim gelandangan setempat yang terjaring razia ke DKI Jakarta. Para 'gepeng' tersebut, bakal mendapat pembinaan sosial di daerah ibukota negara.

Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Pangkalpinang Firtiansyah mengatakan, pembinaan di Jakarta itu merupakan solusi paling efektif agar jumlah gelandangan di Pangkalpinang tidak terus bertambah banyak.

"Berdasarkan dari pengalaman, jika mereka (gelandangan) dipulangkan ke tempat asalnya, yakni masih di sekitar Pangkalpinang, pasti kembali lagi ke kota. Jadi kurang efektif, sebab di tempat asal mereka susah untuk mendapatkan pekerjaan," ujar Firtiansyah kepada Bangkapos.com, Rabu (10/7/2013).

Karena itulah, sambung Firtiansyah, gelandangan yang terjaring razia bakal dikirim ke Pusat Pelayanan Terpadu Kementerian Sosial RI yang berada di DKI Jakarta.

"Kami belum memunyai tempat untuk melakukan pelatihan tersebut. Jadi, para gepeng ini harus dikirim ke Jakarta tempat rehabilitasi sosial terpadu. Di sana, mereka akan diberi modal usaha kalau sudah menekuni pelatihan keterampilan," ujar Fitriansyah.

BERITA TERKAIT
Sumber: Bangka Pos
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas