Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Rahma Si Kembar Siam Dioperasi Agar BAB Lancar

Rahma, bayi kembar siam yang telah dipisahkan, harus menjalani operasi kecil, Kamis (11/7/2013) sekitar pukul 17.45 WIB.

zoom-in Rahma Si Kembar Siam Dioperasi Agar BAB Lancar
TRIBUN SUMSEL/ABRIANSYAH LIBERTO
Dokter melakukan perawatan intensif terhadap Rahma, di ruangan Intensive Care Unit (ICU) RSMH Palembang, Minggu (7/7/2013). 

Laporan Wartawan Sriwijaya Post, Andi Wijaya

TRIBUNNEWS.COM, PALEMBANG - Rahma, bayi kembar siam yang telah dipisahkan, harus menjalani operasi kecil, Kamis (11/7/2013) sekitar pukul 17.45 WIB.

Operasi kecil dilakukan karena Rahma susah buang air besar (BAB), yang menyebabkan luka jahitan dengan anus menjadi kotor, sehingga kotoran Rahma menumpuk.

Informasi yang diterima Sripoku.com (Tribun Network), tim dokter dari RSMH Palembang dan RS Dr Soetomo Surabaya telah melakukan operasi kecil, untuk membuat lubang pembuangan di perut, atau disebut dengan kolostomi.

"Benar, pukul 17.45 tadi, Rahma kami lakukan operasi kecil, dikarenakan luka jahitan dekat anus menjadi kotor karena BAB Rahma menumpuk. Tim dokter mengambil keputusan untuk melakukan operasi kecil, membuat lubang pembuangan di perut atau disebut kolostomi," ungkap dr Zulkipli SpAn MKes.

dr Zulkifli menuturkan, Rahma juga menjalani anestesi umum, setelah itu fiksasi external (alat yang diletakkan di luar kulit untuk menstabilisasikan fragmen tulang dengan memasukkan dua atau tiga pin metal perkutaneus menembus tulang pada bagian proksimal dan distal dari tempat fraktur) dilepaskan.

Kemudian, dilakukan laparatomi ulang (salah satu jenis operasi yang dilakukan pada daerah abdomen) dan pembuatan kolostomi (anus buatan sementara diperut).

BERITA TERKAIT

"Operasi ini dilakukan agar Rahma bisa membuang BAB dengan lancar dan tidak menumpuk di luka jahitan dekat anus," jelasnya. (*)

Sumber: Sriwijaya Post
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas