Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tiket Arus Balik dari Yogyakarta ke Jakarta Ludes Terjual

Terhitung mulai kemarin, tak ada satu pun tempat duduk untuk KA semua kelas menuju Jakarta dari H+1 sampai H+10

Editor: Budi Prasetyo
zoom-in Tiket Arus Balik dari Yogyakarta ke Jakarta Ludes Terjual
Tribun Jakarta/JEPRIMA
Inilah 1 rangkaian kereta api ekonomi ac KA Krakatau yang baru saja diresmikan oleh Menteri Perhubungan Evert Erenst Mangindaan yang akan siap melayani lintas Merak-Madiun di Stasiun Kereta Api Merak, Banten, Rabu (24/7/2013). Kereta Api ini merupakan buatan anak negeri yang berkapasitas 768 tempat duduk dengan stamformasi 10 Gerbong. (Tribun Jakarta/Jeprima) 


   
Laporan Reporter Tribun Jogja, Hendy Kurniawan

TRIBUNNEWS.COM, YOGYA -  Jika sepekan lalu tiket KA komersial arus balik dari Yogyakarta menuju Jakarta masih ada lebih dari 2.000 lembar, saat ini semuanya tak tersisa. Terhitung mulai kemarin, tak ada satu pun tempat duduk untuk KA semua kelas menuju Jakarta dari H+1 sampai H+10 setelah dipesan oleh calon penumpang.

"Bahkan KA Krakatau (Merak-Madiun) yang baru dilauncing juga sudah habis tiketnya. Sekarang hanya ada tempat duduk untuk KA jurusan Bandung, Surabaya dan Malang untuk masa arus balik," jelas Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Sumarsono, Rabu (31/7/2013).

Untuk masa angkutan Lebaran tahun ini, per hari PT KAI Daop 6 menyediakan 8.410 tempat duduk untuk 16 KA reguler.

Ditambah 2.216 tempat duduk untuk 7 KA tambahan, diantaranya adalah Lodaya, Sancaka, Argo Lawu dan Bengawan.

Khusus untuk prasarana, Daop 6 menyiapkan alat material untuk siaga (AMUS) pada titik rawan banjir dan longsor.

Begitu pula dengan jaminan keamanan perjalanan kereta, telah disiapkan juru penilik jalan ekstra di seluruh jalur. Ditambah pemberian tanda peringatan pada perlintasan sebidang yang tidak dijaga.

BERITA TERKAIT

"Kami juga menerapkan larangan cuti bagi seluruh pegawai pada masa angkutan Lebaran, 1-18 Agustus. Ini komitmen kami untuk meningkatkan pelayanan kepada penumpang," papar Executive Vice President Daop 6, Sri Astuti.

Dijelaskannya, karyawan yang pada hari reguler bertugas mengurus administrasi, maka pada masa angkutan lebaran akan disiagakan di lapangan. Diantaranya berada di stasiun-stasiun untuk membantu kelancaran lalu lintas penumpang.

"Karyawan siap untuk mendukung operasional," tukas Astuti. (hdy)

Tags:
Sumber: Tribun Jogja
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas