Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sail Komodo, 286 Pemuda Nusantara Kunjungi Museum

Sebanyak 286 Pemuda Nusantara, para pemuda dari 33 provinsi di Indonesia, bertekad menyukseskan Sail Komodo

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Sail Komodo, 286 Pemuda Nusantara Kunjungi Museum
Wahyu Aji/Tribunnews.com

Laporan Wartawan Pos Kupang, Oby Lewanmeru

TRIBUNNEWS.COM, LABUAN BAJO - Sebanyak 286 Pemuda Nusantara, para pemuda dari 33 provinsi di Indonesia, bertekad menyukseskan Sail Komodo di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar).

Sebelum ke Labuan Bajo, para pemuda tersebut berkunjung ke Museum Daerah NTT dan sejumlah obyek wisata serta tempat-tempat bersejarah di Kota Kupang dan sekitarnya.

Hal ini disampaikan Kepala Bidang Wawasan Lingkungan, Deputi Pemberdayaan Pemuda Kemenpora RI, Drs Agus Komarudin, M.Si, kepada Pos Kupang (Tribunnews.com Network), Selasa (10/9/2013) petang.

Menurut Agus, dengan even Sail Komodo ini, Pemuda Nusantara juga perlu mengetahui hal tersebut. Ini menyangkut wawasan nusantara dan keragaman yang ada di setiap daerah.

"Karena Sail Komodo itu di NTT, maka para pemuda nusantara ini kami bawa dan kepada mereka diberi penjelasan tentang budaya yang ada di NTT. Rombongan yang kami bawa ini sudah mengunjungi sejumlah obyek wisata di Kota Kupang dan Museum Daerah NTT," kata Agus.

Dia menjelaskan, di Museum Daerah NTT, para pemuda menyaksikan benda-benda purbakala dan berbagai hasil kerajinan tangan yang bernilai sejarah maupun budaya.

BERITA TERKAIT

"Setelah berkunjung di beberapa tempat itu, barulah kami bertolak ke Labuan Bajo. Untuk ke Labuan Bajo, kami berangkat Senin (9/9/2013) malam menggunakan KRI Makassar 590," katanya.

Dikatakan, dengan kegiatan itu, maka ada upaya untuk melakukan penyadaran budaya, kebangsaan dan wawasan nusantara. Dengan alasan, pemuda nusantara adalah pemuda yang akan menjadi pemimpin masa depan, sehingga mereka harus mengenal kebhinekaan dan empat pilar kebangsaan.

"Para utusan pemuda dari 33 provinsi ini nantinya menjadi pioner untuk selanjutnya mereka berbagi lagi dengan para pemuda di daerahnya masing-masing. Khusus di Labuan Bajo kami akan bergabung dengan semua komponen dalam acara puncak yang rencananya akan dihadiri oleh Presiden RI, SBY," ujarnya.

Tags:
Sumber: Pos Kupang
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas