Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mayoritas Caleg DPRD Bangka Belitung Hanya Tamatan SMA dan Paket C

Lebih dari setengah caleg DPRD Provinsi Bangka Belitung yang akan berlaga dalam Pemilu tahun 2014 ternyata hanya berijazah SMA.

zoom-in Mayoritas Caleg DPRD Bangka Belitung Hanya Tamatan SMA dan Paket C
Ilustrasi caleg 

Laporan Wartawan Bangka Pos Respi Leba

TRIBUNNEWS.COM, BANGKA - Lebih dari setengah calon anggota Legislatif (caleg) DPRD Provinsi Bangka Belitung yang akan berlaga dalam Pemilu tahun 2014 ternyata hanya berijazah SMA.

Ketua Komisi IV DPRD Babel Marsidi Satar mengatakan, 56 persen caleg yang sudah ditetapkan KPU setempat hanya berijazah SMA, bahkan ada yang lulusan paket C.




Marsidi menuturkan, dirinya prihatin sekaligus mengkhawatirkan kinerja DPRD periode 2014- 2019 nantinya rendah lantaran banyak diisi oleh lulusan SMA.

"Kami tidak meremehkan kemampuan teman-teman yang tamatan SMA atau paket C. Karena kualitas anggota DPRD tidak hanya diliat dari ijazah. Tapi, kemampuan di bidang intelektual, kualifikasi pendidikan harus juga dipertimbangkan," kata Marsidi Satar, Jumat (13/9/2013).

Selain berhadapan dengan masyarakat, anggota DPRD juga harus berhubungan dengan eksekutif. "Sementara semua kepala-kepala dinas atau pegawai di lembaga eksekutif minimal adalah SI atau sarjana," imbuhnya.

Karenanya, menurut politisi Partai Golkar ini, perlu kemampuan intelektual anggota DPRD untuk mengimbangi para pejabat eksekutif.

BERITA TERKAIT

"Kalau tidak, bisa saja legislator itu nanti dipermainkan oleh kepala-kepala dinas. Ini harus jadi bahan evaluasi di internal partai dan internal anggota DPRD," tukasnya.

Sumber: Bangka Pos
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas