Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pemkab Banyuwangi Gelar Banyuwangi Batik Festival

"Kami mengharapkan tercipta kemitraan antara perajin batik di tingkat lokal dan industri di tingkat nasional,” ujar Anas

zoom-in Pemkab Banyuwangi Gelar Banyuwangi Batik Festival
Ist
Produk fashion batik yang ditampilkan di Pasar Indonesia di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Kamis (18/8/2011) hingga 21 Agustus mendatang. 

Laporan wartawan Surya,Sri Wahyunik

TRIBUNNEWS.COM,BANYUWANGI – Pemkab Banyuwangi mulai menyeriusi industri kreatif.

Untuk menstimulasi industri kreatif itu salah satunya digelarnya acara Banyuwangi Batik Festival (BBF) yang akan diadakan Kamis (26/9/2013) – Sabtu (28/9/2013).

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, festival batik itu digelar untuk menggairahkan industri kreatif, khususnya industri fesyen di daerah.

Karenanya dalam festival itu nantinya akan dilakukan sejumlah kegiatan bertema batik, mulai dari pameran, parade fesyen, lomba cipta desain batik, juga lomba mewarnai batik.

”Sejumlah desainer, pelaku industri fesyen, dan pemerhati batik nasional akan hadir pada BBF. Kami mengharapkan tercipta kemitraan antara perajin batik di tingkat lokal dan industri di tingkat nasional,” ujar Anas, Selasa (24/9/2013)

Banyuwangi, lanjut Anas, kaya akan motif  batik.  Batik Banyuwangi saat ini mempunyai 22 motif, tergolong motif batik pesisiran yang banyak mengambil tema alam.

BERITA TERKAIT

Motif-motif tersebut antara lain Gajah Uling, Kangkung Setingkes, Paras Gempal, Alas Kobong, Kopi Pecah, Gedegan, Ukel, Moto Pitik, Sekar Jagad, Gringsing, Semanggian, Garuda, Cendrawasih, dan Latar Putih.

”Festival batik juga wahana untuk melestarikan warisan budaya sekaligus menumbuhkan geliat usaha. Bukan sekadar pajangan larik-larik kain, event ini adalah pesta yang mengembalikan hubungan antara batik, fesyen, gaya hidup, sejarah nan kaya, kearifan lokal, dan gerak ekonomi,” tegasnya.

Sumber: Surya
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas