Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menteri PU Duduk di Atas Toilet Saat Buka WTS 2013

Menteri PU Djoko Kirmanto, resmi membuka acara bertaraf internasional World Toilet Summit (WTS) 2013, Rabu (2/9/2013) pagi.

zoom-in Menteri PU Duduk di Atas Toilet Saat Buka WTS 2013
SURYA/Ahmad Faisol
Menteri PU Djoko Kirmanto 

Laporan Reporter Tribun Jogja Susilo Wahid Nugroho

TRIBUNNEWS.COM, SOLO - Menteri Pekerjaan Umum (PU) RI Djoko Kirmanto, resmi membuka acara bertaraf internasional World Toilet Summit (WTS) 2013 di Hotel Sunan, Solo, Rabu (2/9/2013) pagi.

Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo, Ketua World Toilet Organization (WTO) Jack Sim, dan Ketua Indonesia Toilet Association (ATI) Naning A Adiwoso, turut hadir dalam sesi pembukaan WTS..

Uniknya, sebagai simbolisasi pembukaan acara, Djoko Kirmanto sempat duduk di atas toilet yang diletakkan di atas panggung. Dalam aksinya itu, Djoko didampingi oleh walikota Solo FX Hadi Rudyatmo, Jack Sim dan Naning A Adiwoso.

Dalam sambutannya, Joko mendukung penuh digelarnya WTS kali ini di Indonesia. Pasalnya, beberapa program dan pembahasan dalam WTS sangat sejalan dengan program pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementrian PU untuk memperbaiki beberapa fasilitas sanitasi di masyarakat.

"Kedepannya kami bisa terus bekerjasama dengan pihak WTO untuk membahas permasalahan ini," kata Djoko.

Berbagai agenda kegiatan, dilakukan selama WTS digelar sampai Jumat (4/10/2013) mendatang. Dimulai dari diskusi membahas dinamika toilet di seluruh negara di dunia, sampai melakukan penyuluhan di berbagai tempat di Solo tentang standarisasi toilet termasuk cara penggunaannya.

BERITA TERKAIT

Ketua Indonesia Toilet Association (ATI), Naning A Adiwoso mengatakan, acara WTS ini sudah seharusnya mendapat perhatian masyarakat dan pemerintah. Mengingat, betapa pentingnya kebersihan toilet dengan kesehatan diri dan lingkungan.

"Toilet adalah satu fasilitas yang tak bisa begitu saja diremehkan, sudah seharusnya masyarakat di dunia memberi perhatian terhadap kesehatan diri dengan menjaga kebersihan toilet," kata Naning.

Sumber: Tribun Jogja
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas