Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jemaah Haji Kediri Banyak Bawa Palu, Paku, dan Pisau

Entah apa yang dipikirkan oleh calon jemaah haji asal Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

zoom-in Jemaah Haji Kediri Banyak Bawa Palu, Paku, dan Pisau
IST
ILUSTRASI 

TRIBUNNEWS.COM, KEDIRI - Entah apa yang dipikirkan oleh calon jemaah haji asal Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Mereka, banyak kedapatan membawa berbagai macam benda berbahaya, seperti paku dan palu bahkan pisau. Barang-barang itu terjaring sterilisasi yang dilakukan oleh petugas embarkasi Surabaya.

Selain peralatan pertukangan, petugas juga menyita beragam benda lainnya seperti gas isi korek api, korek api, sabun cair, minyak goreng, pelembab kulit, gunting, alat pemotong/cutter, hingga silet.

"Barang-barang itu harus disita karena dapat membahayakan bagi penerbangan," kata Ikhwan, petugas pelayanan Jamaah Haji Kementerian Agama Kantor Kabupaten Kediri, Kamis (3/10/2013).

Jumlah jamaah haji tahun ini, Ikhwan menambahkan, tercatat 728 orang yang terbagi dalam dua kelompok terbang, yaitu kloter 26 dan kloter 27 yang telah berangkat pada pertengahan September kemarin. Jumlah CJH tersebut relatif sedikit setelah terpotong quota 20 persen.

Sedangkan, pada barang yang telah disita itu, kata Ikhwan, saat ini masih disimpan di gudang kawasan Kantor Kemenag yang terletak di Jalan Pamenang dan akan dikembalikan setelah para jamaah haji itu pulang ke Tanah Air nanti.

"Nanti dapat diambil lagi kalau sudah pulang," imbuhnya.

BERITA TERKAIT

Meski masih ada penyitaan barang-barang yang berbahaya bagi penerbangan, menurutnya jumlah barang yang disita saat ini lebih sedikit dibanding tahun-tahun sebelumnya. Pihaknya mengaku terus menyosialisasikan kepada tiap jamaah haji sebelum pemberangkatan dilakukan. 

Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas