Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Waiting List Jemaah Calon Haji Aceh Hampir 60 Ribu Orang

Daftar tunggu (waiting list) Jemaah Calon Haji (JCH) Aceh sampai 2 Oktober 2013 mencapai 55.418 orang

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Waiting List Jemaah Calon Haji Aceh Hampir 60 Ribu Orang
Tribun Jateng/Wahyu Sulistiyawan
Pemberangkatan Jemaah Haji: Ratusan pengantar jamaah melambaikan tangan kepada para jamaah haji (didalam bus) saat pemberangkatan dari di lapangan Masjid Islamic Center, Kota Semarang, Jateng, Senin (30/9/2013). Sebanyak 622 dari total keseluruhan 1.062 calon jamaah Haji dari kloter 51 dan 52 diberangkatkan menuju Imbargasi Solo. Tiga kloter akan diberangkatkan kembali pada Selasa (1/10/2013) dan Rabu (2/10/2013). (Tribun Jateng/Wahyu Sulistiyawan) 

TRIBUNNEWS.COM, BANDA ACEH - Daftar tunggu (waiting list) Jemaah Calon Haji (JCH) Aceh sampai 2 Oktober 2013 mencapai 55.418 orang. Jika dalam setahun hanya 3.500 orang bisa diberangkatkan naik haji dari Aceh, maka antrean waiting list itu baru akan habis 15 tahun ke depan.

Humas Haji Aceh, H Akhyar MAg kepada Serambi (Tribunnews.com Network) di Banda Aceh, Rabu (2/10/2013) mengatakan, pengurangan 20 persen kouta JCH secara nasional justru makin menambah panjang daftar tunggu JCH Aceh. Pihaknya mengharapkan ke depan Menteri Agama RI dapat menambah kuota haji Aceh, karena dengan daftar tunggu sepanjang itu, maka ada di antara JCH yang harus menunggu 15 tahun lebih dari sekarang baru bisa berangkat ke Tanah Suci.

Terkait pelaksanaan haji tahun ini, Akhyar menyebutkan JCH Aceh yang sudah tiba di Tanah Suci dari kelompok terbang (kloter) I sampai 3 berjumlah 1.313 orang. Terdiri atas 527 pria dan 786 perempuan.

"Informasi yang kita terima saat ini kondisi jemaah dalam keadaan sehat, meski suhu di sana panas dan adanya sebaran virus corona di beberapa tempat di Arab Saudi. Tapi alhamdulillah, kondisi jemaah dalam keadaan baik," ujarnya.

Kemarin, kata Akhyar, JCH yang tergabung dalam kloter 4 sudah tiba di Asrama Haji Banda Aceh sekitar pukul 10.00 WIB. Mereka berasal dari lima kabupaten/kota yaitu Lhokseumawe, Aceh Tengah, Aceh Tenggara, Simeulue, dan Subulussalam.

Menurutnya, dari hasil pemeriksaan kesehatan yang dilakukan kondisi jemaah sehat dan akan berangkat ke Tanah Suci hari ini.

Dari lima kabupaten/kota tersebut terdiri dari JCH Lhokseumawe 205 orang, Aceh Tengah 114 orang, Aceh Tenggara 72 orang, Simeulue 29 orang, Subulussalam 11 orang, dan Langsa dua orang yang merupakan mutasi masuk dari kloter I.

BERITA TERKAIT

Pelepasan untuk kloter ini dilakukan Wali Kota Lhokseumawe, Suaidi Yahya sekitar pukul 5.00 WIB seusai jemaah mendapatkan bimbingan kesehatan dan penerbangan di aula utama Asrama Haji Banda Aceh.

Para JCH juga usai melaksanakan shalat Zuhur di masjid Asrama Haji dan langsung menjamaknya dengan shalat Ashar, karena JCH berstatus musafir. Sedangkan Kamis (3/10/2013) kloter 5 akan masuk asrama haji dari Aceh Barat, Aceh Selatan, Pidie, dan Aceh Besar.

Tags:
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas