Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Idul Adha 1434 H

Gunungan Keraton Jadi Rebutan Warga Solo

Ratusan warga memperebutkan gunungan di Masjid Agung Solo dan di depan Kraton Solo, pada perayaan Idul Adha,

Gunungan Keraton Jadi Rebutan Warga Solo
Ratusan warga memperebutkan gunungan di Masjid Agung Solo dan di depan Kraton Solo, pada perayaan Idul Adha, Selasa (15/10/2013). Gunungan Jaler (laki laki) dan Gunungan Wadon (perempuan) diarak dari keraton menuju masjid Agung dengan dikawal prajurit keraton dan para adbi dalem. 

  
TRIBUNNEWS.COM SOLO, - Ratusan warga memperebutkan gunungan di Masjid Agung Solo dan di depan Kraton Solo, pada perayaan Idul Adha, Selasa (15/10/2013). Gunungan Jaler (laki laki) dan Gunungan Wadon (perempuan) diarak dari keraton menuju masjid Agung dengan dikawal prajurit keraton dan para adbi dalem.

Setelah kedua gunungan tiba di masjid, para abdi dalem dan warga berdoa untuk mengucap syukur atas berkat yang diberikan Tuhan melalui acara Grebeg Maulud tersebut. Sesudahnya, ratusan warga yang sudah tidak sabar ingin mengambil makanan di gunungan, langsung berebut.

Peringatan petugas dan abdi dalem agar warga tidak berebut tidak mendapat perhatian. Bahkan ada warga yang nekat menaiki gunungan untuk mengambil sayuran yang ditancapkan di atas gunungan.

“Saya dapat kacang panjang, rengginan dan krupuk. Biar bawa berkah di rumah,” kata Sugeng, Selasa (15/10/2013).

Bagi sebagian warga, memperoleh bahan makanan dari gunungan dari keraton yang sudah didioakan dipercaya dapat membawa berkah dan keberuntungan.

Acara ini juga menarik perhatian Robert Pomfert, mahasiswa asal Inggris yang setahun ini tinggal di Solo. Pomfert mengaku sangat tertarik pada budaya dan tradisi di Jawa, termasuk acara Gerebeg Maulud seperti saat ini.

"Saya sudah hampir satu tahun di Solo, melihat langsung budaya grebeg sungguh menarik,” kata Pomfert yang siang itu memakai pakaian adat Jawa.

Ikuti kami di
Editor: Budi Prasetyo
Sumber: Kompas.com
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas