Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pawai Obor Meriahkan Malam Satu Suro di Bandung dan Cimahi

Peringatan malam pergantian tahun baru Islam, tampak ramai dimeriahkan oleh pawai obor di Kota Bandung juga Cimahi.

zoom-in Pawai Obor Meriahkan Malam Satu Suro di Bandung dan Cimahi
Tribun Jabar/Dedy Herdiana
Pawai obor untuk memeriahkan malam pergantian tahun Islam, 1 Muharam 1435 H, di Jalan Kebon Sirih, Bandung, Senin (4/11/2013). 

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Peringatan malam pergantian tahun baru Islam, malam 1 Muharam 1435 H tampak ramai dimeriahkan oleh pawai obor di beberapa titik Kota Bandung juga Cimahi.

Pawai tersebut hanya berkeliling pada beberapa ruas jalan tertentu, sesuai wilayahnya penyelenggaranya masing-masing dengan jumlah masa mulai dari orang tua hingga anak-anak yang mencapai puluhan hingga ratusan orang.

Seperti yang terpantau Tribun, pawai obor yang cukup ramai digelar di kawasan Kelurahan Babakan Ciamis, Kota Bandung. Pawai obor yang digelar gabungan warga di Kelurahan Babakan, Ciamis, itu diikuti oleh ratusan warga mulai dari anak-anak hingga orang tua.

Bahkan, selain pembawa obor itu berjalan kaki, juga ada yang menggunakan sepeda motor yang berada di barisan belakang.

Pawai obor yang diberi tema Babakan Ciamis Bertabur Obor Menyambut Tahun Baru Hijriyah 1 Muharam 1435 itu, mengambil rute yang cukup panjang. Mereka mulai dari Jalan Kebon Sirih samping Gedung Pakuan (Rumah Dinas Gubernur Jabar), berjalan melalui Jalan Otto Iskandardinata, Kebon Jukut, Perintis Kemerdekaan, Wastukencana, Pajajaran, Cicendo, Otto Iskandardinata dan finish kembali ke Jalan Kebon Sirih.   

"Acara ini sudah kami gelar untuk yang ketigakalinya. Dan sekarang antusiame warganya semakin tinggi. Maka kami berharap melalui kegiatan ini bisa menggali dan mengembangkan potensi warga dalam membangun budaya ukhuwah islamiah," ujar Yuyu Wahyudin (43) Ketua RW 07, Kelurahan Babakan Ciamis, Kecamatan Sumur Bandung, Senin (4/11/2013) malam.

Menurutnya, kegiatan tersebut juga didukung oleh lembaga kemasyarakatan, ormas dan komunitas yang ada di Kelurahan Babakan Ciamis. Seperti LPM Babakan Ciamis, Karang Taruna Babakan Ciamis, Baraya Kahuripan Cikapundung Babakan Ciamis, Babakan Ciamis Institut, dan TwoMill Creative Art Production.

BERITA TERKAIT

"Kami sangat gembira dengan antusias warga di Babakan Ciamis dalam menyambut Tahun Baru Hijriyah ini. Kami harap kegiatan ini mampu menjadikan warga khususnya para generasi mudanya bisa lebih memahami makna peringatan tahun baru islam ini," kata Camat Sumur Bandung, Arif Syaefuddin dalam sambutannya sebelum melepas pawai obor, yang juga didampingi Lurah Babakan Ciamis Maman Rohman.

Suasana kemeriahan juga terilihat di kawasan Jalan Raya Amir Mahmud -kawasan Cibabat-, Cimahi. Ratusan anak-anak yang berpakaian islami berjalan hampir menutupi satu jalur badan jalan. Arus lalu lintas pun sempat tersendat beberapa saat dan petugas polisi lalu lintas pun terlihat sibuk mengatur arus lalu lintas.

Begitu juga di kawasan Kota Bandung, selain di kawasan Kelurahan Babakan Ciamis, pawai obor juga ada di kawasan Jalan Terusan Buahbatu, dan Jalan Ciwastra. Masing-masing titik menunjukkan suasana kemeriahan yang sama, semua orang terutama anak-anak yang membawa obor terlihat bergembira sambil melantunkan salawat nabi. (ddh)

Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas