Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bakorkamla Luncurkam Website Resmi

Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakorkamla) RI meluncurkan website Bakorkamla RI http://www.bakorkamla.go.id/

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Bakorkamla Luncurkam Website Resmi
Tribun Batam/Iman Suryanto
Kalahar Bakorkamla Laksamana Madya Bambang Suwarto berfoto bersama disela rapat koordinasi terbatas di Hotel Harmoni, Batam, Senin (11/11/2013). 

Laporan Wartawan Tribun Batam, Iman Suryanto

TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakorkamla) RI meluncurkan website Bakorkamla RI http://www.bakorkamla.go.id/ serta portal http://indokamla.com/us dalam upaya membangun jaringan koordinasi antar
stakeholder, masyarakat maritim serta instansi keamanan laut di luar negeri.

"Website kita ini, nantinya akan berisi semua informasi mengenai keamanan di laut. Mulai dari pemantauan cuaca, hingga adanya deteksi dini atau early warning system yang bisa diakses secara langsung oleh masyarakat umum," jelas Kalahar Bakorkamla Laksamana Madya Bambang Suwarto kepada Tribun Batam (Tribunnews.com Network), Senin (11/11/2013).

Selain itu, luasnya perairan Indonesia, Bakorkamla RI secara ketat mengamankan Selat Malaka yang berada di wilayah hukum Satgas 1 Tim Korkamla Batam. Mengingat Selata Malaka menjadi salah satu 'urat nadi' dalam jalur pelayaran di Indonesia maupun dunia.

"Di Selat Malaka tersebut, menjadi salah satu point yang sangat penting. Mengingat wilayahnya berbatasan langsung dengan beberapa negara di Asia seperti Singapura, Malaysia, India, Vietnam dan Thailand. Sehingga jalur ini menjadi selat yang paling tersibuk," jelas Kalahar Bakorkamla, Laksamana Madya Bambang Suwarto.

Hal ini tentunya akan menimbulkan kerawanan-kerawanan seperti adanya bahaya perompakan, penyelundupan, tabrakan kapal, pencemaran laut serta adanya aksi ilegal di laut. Baik itu dalam bentuk Konvensional maupun Trans National Crime.

"Untuk itu, dengan kerja sama yang baik dan secara bersama-sama saya yakin kita bisa mengamankan. Tanpa hal itu, rasanya tidak mungkin terwujud. Nggak mungkin mengamankan jalur tersebut dilakukan oleh satu instansi saja," terangnya.

BERITA TERKAIT
Sumber: Tribun Batam
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas