Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Air dari Citarum Tercampur Kotoran Sapi

PDAM Kabupaten Bandung mengaku kesulitan untuk menyaring air yang berasal dari Sungai Cisangkuy dan Citarum.

Editor: Sanusi
zoom-in Air dari Citarum Tercampur Kotoran Sapi
TRIBUN JABAR/DENI DENASWARA
LAWAN ARUS - Peselancar sungai asal Indonesia tengah berlatih dengan melawan arus menjelang kompetisi di Sungai Citarum, Desa Bantar Caringin, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (01/11/2013). Sebanyak 42 peselancar sungai dari 10 negara akan berlomba pada 6-10 november 2013 di Sungai Citarum untuk kejuaraan dunia selancar sungai yang baru pertama kali diselenggarakan di dunia. (TRIBUN JABAR/DENI DENASWARA) 

TRIBUNNEWS.COM, SOREANG - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Raharja Kabupaten Bandung mengaku kesulitan untuk menyaring air yang berasal dari dua sumber air utama, yakni Sungai Cisangkuy dan Citarum.

Menurut Direktur Utama PDAM Tirta Raharja, Rudie Kusmayadi, kedua sumber air tersebut telah tercampur dengan kotoran sapi dan mengandung bakteri ecoli.

"Penyaringan air dari kedua sumber air itu harus menggunakan disinfektan agar bakterinya terbunuh. Tapi biayanya memang besar,"  ujar Rudi di Bale Sawala, Komplek Pemkab Bandung usai pelantikan direksi PDAM Tirta Raharja, Senin (11/11).

Setiap bulan, kata Rudi, PDAM membutuhkan enam sampai delapan tabung untuk menyaring air tersebut. "Satu tabung itu isinya 25 kilogram. Harga satu tabung Rp 4,2 juta," ujarnya.

PDAM, ujarnya, juga telah bekerja sama dengan Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan (Distanbunhut) untuk mengatasi masalah tersebut.

"Kami memang terhambat pada sumber air baku yang ada. Distanbunhut juga sudah melakukan sosialisasi agar warga di Kertasari dan Pangalengan tidak membuang kotoran sapi ke sungai. Biar sumber airnya tidak tercampur bakteri," katanya.(aa)

BERITA REKOMENDASI
Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas