Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pawang Topeng Monyet 'Hijrah' ke Pinrang Setelah Terusir dari Jakarta

Terusir dari DKI Jakarta, tak sedikit pawang pertunjukan topeng monyet yang hengkang ke sejumlah daerah.

zoom-in Pawang Topeng Monyet 'Hijrah' ke Pinrang Setelah Terusir dari Jakarta
KOMPAS.com/ Junaedi
Pawang monyet menggelar topeng monyet dari kampung ke kampung di Pinrang, Sulawesi Selatan. Mujiono, sang pawang hijrah dari Jakarta ke Pinrang setelah ada penertiban topeng monyet di DKI Jakarta. 

TRIBUNNEWS.COM, PINRANG - Terusir dari DKI Jakarta, tak sedikit pawang pertunjukan topeng monyet yang hengkang ke sejumlah daerah lain di Indonesia. Misalnya ke Pinrang, Sulawesi Selatan.

Pawang-pawang monyet itu mengaku tidak punya pilihan lain, kecuali menggelar pertunjukan, yang mendapat tentangan dari masyarakat dan pencinta satwa karena dinilai melakukan eksploitasi satwa.

Seperti yang dilakukan Mujiono dan sejumlah rekannya. Mereka memilih hijrah ke Pinrang. Di kota baru ini, mereka menggelar pertunjukan topeng monyet dari kampung ke kampung.

Menurut Mujiono, animo masyarakat, terutama anak-anak di Pinrang, cukup besar. Anak-anak itu bahkan mengekor di belakangan si pawang. "Hasilnya lumayan. Cuma 10 menit pertunjukan, saya bisa dapat saweran sampai Rp 50 ribu," kata Mujiono, saat menggelar pertunjukan di Desa Datae, Kecamatan Lembang, Pinrang, Selasa (12/11/2013).

Mujiono dan monyetnya, kemudian bergeser sejauh beberapa meter untuk pertunjukan topeng monyet lagi. Di akhir pertunjukan, dia mengedarkan kaleng untuk mengumpulkan uang dari penonton.

Mujiono mengatakan, dia tidak punya keahlian lain selain menjadi pawang topeng monyet, sementara kebutuhan hidup tidak bisa ditunda. "Saya punya anak dan istri yang harus dihidupi," katanya.

BERITA TERKAIT
Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas