Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Musi Rawas Belum Bebas Pasung

Untuk di Musirawas, masih ada keluarga korban yang mengalami gangguan jiwa, dipasung oleh keluarganya,"

Editor: Budi Prasetyo
zoom-in Musi Rawas Belum Bebas Pasung
Ilustrasi Pasung 

TRIBUNS.COM, MUSIRAWAS - Program yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan, untuk di Indonesia bebas pasung pada tahun 2010, nampaknya belum terealisasikan oleh Dinas Kesehatan Musirawas. Pasalnya, dalam tahun 2013 ini sedikitnya menemukan 14 pasien gangguan jiwa yang dipasung oleh keluarga korban tersebut.

"Memang kita akui, untuk di Musirawas, masih ada keluarga korban yang mengalami gangguan jiwa, dipasung oleh keluarganya," jelas staff bidang program kesehatan jiwa Dinkes Mura, Okvitalia Sandra, kepada Tribunsumsel.com, Kamis (14/11/2013)

Ia menjelaskan, banyak keluarga korban yang memasung, karena masih menganggap penderita gangguan jiwa akan berkeliaran dan mengamuk, padahal apabila diberitahukan kepada petugas akan langsung dirujuk kerumah sakit jiwa.

"Kita menghimbau, apabila ada warga yang kesehatannya terganggu agar jangan dipasung, itu malah semakin membuat penderita tertekan," ungkapnya

Wanita berambut pirang ini juga menambahkan, pasung itu dalam artian adalah, bukan di ikat yang kemudian dibiarkan begitu saja, tetapi di kurung dalam kamar juga adalah kategori pasung.

Serta, ia menjelaskan definisi gangguan jiwa juga adalah, suatu perubahan pada fungsi jiwa yang menyebabkan adanya gangguan pada perasaan proses pikir dan perilaku yang menimbulkan penderitaan pada individu.

BERITA REKOMENDASI

"Jadi kita juga terkadang mengalami gangguan jiwa, bukan hanya penderita yang dipasung," selorohnya.

Sumber: Tribun Sumsel
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas