Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pemkab Berau bersama Pemkab Bulungan Bahas Batas wilayah

Pemkab Berau bersama Pemkab Bulungan kembali melakukan pembahasan batas wilayah kedua kabupaten.

Editor: Budi Prasetyo
zoom-in  Pemkab Berau bersama Pemkab Bulungan Bahas  Batas wilayah
Ilustrasi pagar batas wilayah 

Laporan wartawan Tribun Kaltim, Geafry Necolsen

TRIBUNNEWS.COM  TANJUNG REDEB, i – Pemkab Berau bersama Pemkab Bulungan kembali melakukan pembahasan batas wilayah kedua kabupaten.

Rapat pembahasan tapal batas antar kabupaten yang juga menjadi batas antara Provinsi Kaltim dan Kaltara ini berlangsung di Kantor Gubernur Kaltara, Jumat (22/112013).

Kabupaten Berau dan Bulungan sepakat untuk menyerahkan penyelesaian tapal batas kepada masing-masing pemerintah provinsi.

Meski demikian, Wakil Bupati Berau, Ahmad Rifai mengatakan, Pemkab Berau tetap mengacu pada peta dasar yang dibuat oleh Pemprov Kaltim.

Bahkan, menurut Rifai, batas wilayah sudah diatur dalam undang-undang pembentukan Kabupaten Berau dan undang-undang pembentukan Kabupaten Bulungan.

Hal itu diperkuat lagi dengan hasil konsultasi Tim PBD Berau di Badan Informasi Geospasial, Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian ESDM.

BERITA TERKAIT

Hasilnya, kata Rifai tapal batas berdasarkan data Badan Informasi Geospasial tersebut sama dengan batas wilayah yang diakui oleh Pemkab Berau.

Karena itu, Pemkab Berau kata Rifai akan tetap mempertahankan batas wilayah berdasarkan peta yang dibuat oleh Pemprov Kaltim.

“Berau ini satu-satunya kabupaten yang sudah lama tidak pernah dimekarkan. Jadi, tidak mungkin kita (Pemkab Berau) mengubah peta dan tidak mungkin masuk ke wilayah kabupaten lain,” tandasnya.

Sekadar diketahui panjang batas Berau-Bulungan mencapai 371 kilometer dan yang sudah disepakati baru 222 kilometer.

Sumber: Tribun Kaltim
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas