Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kronologi Kerusuhan Lapas Palopo: Kalapas Sidak Malah Dipukuli

Keributan di Lapas Palopo berawal ketika Kepala Lapas Sri Pamuji menjenguk tahanan atas nama Riti alias Herman

Editor: Yulis Sulistyawan
zoom-in Kronologi Kerusuhan Lapas Palopo: Kalapas Sidak Malah Dipukuli
TRIBUN TIMUR
Lapas Palopo terbakar 

TRIBUNNEWS.COM, MAKASSAR - Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan, Komisaris Besar Polisi Endi Sutendi menjelaskan, awal terjadinya keributan di Lapas Kelas IIA Palopo, Sulawesi Selatan  yaitu sekitar  pukul 08.00 wita, Sabtu (14/12/2013).

Keributan berawal ketika Kepala  Lapas Sri Pamuji yang didampingi oleh Kepala Keamanan Lapas Luter Toding Pandung menjenguk tahanan atas nama Riti alias Herman. Riti merupakan tahanan kasus pencurian yang kerap kali mengganggu tahanan perempuan di lapas.

"Saat itu Kalapas membuka pintu sel tempat Riti di tahan di ruangan khusus sekitar 2 bulan lalu. Begitu Kalapas masuk, Riti langsung loncat ke luar dari sel kemudian melakukan pemukulan terhadap Kalapas. Pada saat itu juga Riti berteriak memprovokasi rekan tahanan yang ada di Lapas untuk melakukan pengeroyokan," jelas Kombes Endi kepada Tribun, Sabtu (14/12/2013).

Pemukulan terhadap Kalapas Palopo tersebut memicu terjadinya keributan dengan petugas pengamanan di dalam Lapas.

Sementara Napi yang berada di luar ruangan tahanan karena kamar tahanan sedang dilakukan pengecatan ikut mengamuk dan melakukan pembakaran gedung lapas.

Saat itu, pintu gerbang Lapas Palopo ditutup dari dalam sehingga petugas Polres Palopo yang diback up Brimob dan TNI tidak bisa masuk ke Lapas tersebut, dan apipun terus merembet dan membakar sebagian banguan.

Endi menjelaskan, saat itu Kapolres berupaya melakukan negosiasi dengan napi yang ada di dalam untuk menghindari korban yang terjadi karena di dalam lapas ada 2 (dua) orang petugas lapas dan 7 orangg pengunjung, dan napi mengancam tidak menjamin keselamatan mereka jika petugas memaksa masuk.

BERITA TERKAIT

Pada pukul 13.45 wita petugas pengamanan gabungan Polri dan TNI baru  berhasil menguasai situasi. Sebanyak 283 narapidana di Lapas itu dapat dikumpulkan kembali. Sementara petugas pemadam kebakaran juga berhasil memadamkan api yang membakar sebagian gedung Lapas.

"Tidak ada korban lainnya selain Kalapas," tambahnya. (*)

Sumber: Tribun Timur
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas